Peran pemberdayaan Pondok Pesantren dalam upaya meningkatkan kewirausahaan santri : Studi deskriptif Pondok Pesantren Wahdatul Ummah blok bojong dusun kaliwon desa Kadugede Kabupaten Kuningan

Masithoh, Imas Siti (2021) Peran pemberdayaan Pondok Pesantren dalam upaya meningkatkan kewirausahaan santri : Studi deskriptif Pondok Pesantren Wahdatul Ummah blok bojong dusun kaliwon desa Kadugede Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Wahdatul Ummah Kadugede merupakan lembaga pendidikan agama islam campuran antara salafiyah dan khalafiyah (modern). Santri yang berada di pondok pesantren ini diberikan ilmu kewirausahaan sebagai salah satu program pesantren. Pondok ini mengutamakan ilmu-ilmu agama seperti kitab-kitab dan Al-Qur’an sebagai materi pendidikan yang paling utama, juga diberikan pembelajaran tentang kewirausahaan, tujuannya yaitu agar para santri tidak hanya menguasai ilmu agama Islam melainkan memiliki skill dan keterampilan yang dapat diaplikasikan dan juga mempunyai etos kerja yang tinggi sehingga bisa mengamalkannya sebagai pedoman untuk keseharian, saat terjun ke masyarakat serta bisa hidup mandiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran pondok pesantren dalam mengorganisir, memfasilitasi, memberikan pendidikan dan keterampilan teknik dalam program pondok pesantren yaitu memberdayakan kewirausahaan santri melalui unit usaha yang ada di pondok pesantren Wahdatul Ummah Kadugede. Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran Syamsir Torang bahwa seorang pengembang masyarakat memiliki beberapa peran yang harus dilakukan dalam melakukan pengembangan terhadap suatu masyarakat, beberapa peran tersebut yaitu peran mengorganisir, peran fasilitator, peran pendidikan dan peran keterampilan teknik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang dikumpulkan dan dianalisis menggunakan reduksi data, display data dan pengembilan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pondok Pesantren Wahdatul Ummah telah mengorganisir kegiatan kewirausahaan santri, memfasilitasi kewirausahaan dalam bentuk pelatihan, pemberian modal dan pemasaran, memberikan pendidikan berupa ilmu agama dan ilmu wirausaha, dan keterampilan teknik dalam berwirausaha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan Santri; Pemberdayaan; Pondok Pesantren
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Imas Siti Masithoh
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:48
Last Modified: 20 Jan 2022 02:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48141

Actions (login required)

View Item View Item