Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan budaya religius di sekolah dasar : Penelitian di SDIT Az-Zahra Kab.Bandung

Jadiddurois, Rizan (2021) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan budaya religius di sekolah dasar : Penelitian di SDIT Az-Zahra Kab.Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, bahwa SDIT Az-Zahra Kab. Bandung telah melaksanakan beberapa budaya religius. Guru PAI mencurahkan kesungguhan dalam memola aktifitas dan interaksi siswa selama ada di sekolah demi terwujudnya budaya religius sekolah yang diinginkan, bahkan guru PAI menjalankan beberapa stretagi untuk mewujudkan budaya religius di SDIT Az-Zahra. Hingga akhirnya penulis terdorong untuk mengkaji perihal perencanaan yang dibuat oleh guru PAI dalam menumbuhkan budaya religi pada lingkungan sekolah di SDIT Az-Zahra Kab. Bandung. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mencari tahu: (1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan budaya religius di SDIT Az-Zahra Kab. Bandung. (2) Faktor pendukung dan penghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan budaya religius di SDIT Az-Zahra Kab. Bandung. (3) Bentuk budaya religius di SDIT Az-Zahra Kab. Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa sebagai seorang guru, guru PAI sebaiknya tidak hanya fokus pada urusan akademik namun juga pada ranah pembentukan akhlak, salah satunya melalui budaya religius sekolah. Oleh karena itu, guru PAI menjalankan beberapa strategi dalam menumbuhkan budaya religius sekolah meskipun dalam prosesnya pasti menghadapi hambatan maupun dukungan serta bagaimana hasil akhir setelah guru PAI menjalankan strateginya. Akumulasi data yang dikumpulkan berupa observasi secara tatapmuka, interview atau wawancara, serta mempelajari dokumentasi yang tersedia. Selain itu penelitian ini mengaplikasikan metode kualitatif dengan guru PAI SDIT Az-Zahra sebagai informan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Perencanaan yang dibuat guru PAI SDIT Az-Zahra dalam menumbuhkan budaya religi sekolah adalah melalui teladan, pembiasaan, penegakan disiplin, pemberian reward dan punishment serta dengan menjalin kerja sama dengan rekan sejawat. Tujuan strategi ini ialah untuk melahirkan generasi yang rabbani dan berakhlakul karimah. Landasan guru dalam menerapkan strategi ini adalah al-Qur’an dan as-Sunnah. Strategi yang guru PAI jalankan menunjukan hasil positif pada penumbuhan budaya religius di SDIT Az-Zahra secara khusus pada siswa dan warga sekolah lain secara umum.(2) Guru PAI SDIT Az-Zahra dalam menjalankan strateginya menumbuhkan budaya religius sekolah mendapatkan dukungan dari kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan lain, orang tua siswa, serta siswa itu sendiri. Sedangkan faktor penghambat strategi guru PAI dalam menumbuhkan budaya religius sekolah hadir dari orang tua siswa, pendidik dan tenaga kependidikan lain serta keterbatasan waktu. Hambatan utama hadir karena faktor kurangnya komunikasi dan belum terbentuknya satu visi yang sama. (3) Bentuk budaya religius di SDIT Az-Zahra terbagi menjadi tiga bagian yaitu kegiatan yang dilaksanakan harian, mingguan, dan Hari Besar Islam yang termasuk kegiatan tahunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru; guru Pendidikan Agama Islam; Budaya religius sekolah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizan Jadiddurois
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:07
Last Modified: 19 Jan 2022 03:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48132

Actions (login required)

View Item View Item