Pengaruh dukungan sosial dan konsep diri terhadap Psychological Well-Being pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Maharani, Raissa (2021) Pengaruh dukungan sosial dan konsep diri terhadap Psychological Well-Being pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Covid-19 membuat dampak yang besar bagi kehidupan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menghambat banyak orang khususnya mahasiswa yang harus menjalankan Tri Darma perguruan tinggi yang tidak bisa laksanakan seperti biasa dalam proses pendidikan, penelitian dan pengabdian menjadi terhambat, selain itu beban tugas akhir yang menjadi tantangan tersendiri untuk diselesaikan seperti menulis skripsi, bimbingan dan lain sebagainya beralih menjadi online. Hal ini banyak menyebabkan dampak yang negative bagi keadaan psikologis mahasiswa tingkat akhir seperti kekhawatiran terhadap keberlanjutan akademik, mulai munculnya gangguan-gangguan psikologis yang menyebabkan kesejahteraan (psychological well-being) mahasiswa dalam proses belajar terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial, konsep diri terhadap psychological well-being pada mahasiswa semester akhir fakultas psikologi. Metode dalam penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif kausalitas dengan analisis regresi berganda kepada 195 mahasiswa tingkat akhir fakultas psikologi. Instrumen penelitian ini menggunakan 3 instrumen, yaitu: Multi Sceale of Perceived Sosial Support (MPPS) yang disusun oleh Zimet (2016), skala konsep diri yaitu Tennesse Konsep diri Scale (TSCS) yang disusun oleh William H Fitss (1971) dan skala Psychological well-being yaitu Ryff’s Psychological well-being Scale (RPWB). Hasil penelitian menunjukan bahwa dukungan sosial dan konsep diri berpegaruh terhadap psychological well-being mahasiswa tingkat akhir sebesar 47,9%. Sedangkan 52,1 % lainnya dipengaruhi oleh variabel diluar variabel yang diteliti. Secara parsial, konsep diri berpengaruh terhadap psychological well-being terhadap mahasiswa tingkat akir, sedangkan dukungan sosial tidak berpengaruh secara parsial terhadap psychological well-being.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial;Konsep Diri;Psychological Well-being
Subjects: Psychology > Psychologist
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Raissa Maharani
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:22
Last Modified: 19 Jan 2022 01:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48116

Actions (login required)

View Item View Item