CPR (Class Parent Representative) sebagai upaya membimbing orang tua untuk meningkatkan kualitas pola asuh : Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Az-Zahra Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung

Nisa, Nurul Khairun (2021) CPR (Class Parent Representative) sebagai upaya membimbing orang tua untuk meningkatkan kualitas pola asuh : Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Az-Zahra Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_ bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Keluarga pada hakikatnya merupakan satuan terkecil sebagai inti dari suatu sistem sosial yang ada di masyarakat. Sebagai satuan terkecil, keluarga merupakan miniatur dan embrio berbagai unsur dan aspek kehidupan manusia. Suasana keluarga yang kondusif akan menghasilkan warga masyarakat bahkan generasi yang baik karena dalam keluargalah seluruh anggota keluarga belajar berbagai dasar kehidupan. Oleh karena itu, adanya program CPR di SDIT Az-Zahra sangat penting untuk meningkatkan kualitas pola asuh orang tua. CPR (Class Parenting Representatif) adalah program bimbingan yang diberikan kepada orang tua dengan tujuan untuk menyelaraskan program sekolah dengan program dari orangtua, menyelaraskan cara pola asuh, dan sebagai ajang silaturahim antara pihak sekolah dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui program CPR (Class Parent Representative) dalam meningkatkan pola asuh, (2) Untuk mengetahui proses CPR (Class Parent Representative) dalam meningkatkan kualitas pola asuh, dan (3) Untuk mengetahui hasil bimbingan kepada orang tua dengan kegiatan Class Parent Representative dalam meningkatkan kualitas pola asuh. Penelitian ini didasarkan pada konsep pola asuh yang menjadi pondasi awal untuk membentuk pribadi anak yang baik. pola asuh adalah interaksi antara orang tua dengan anak secara konsisten dari waktu ke waktu, yang di dalamnya terdapat bimbingan, pengasuhan dan pendidikan agar anak tumbuh dengan pribadi yang baik. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan wawancara yang didokumentasikan melalui foto, catatan verbatim rekaman audio. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan CPR di SDIT Az-Zahra dapat meningkatkan kualitas pola asuh bagi orang tua. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan dan perubahan dalam pemberian pola asuh seperti, mampu mengontrol emosi, memberikan kisah, membimbing dan mendampingi anak. Terlihat juga adab pada diri anak. kesimpulan dari penelitian ini program CPR dapat meningkatkan pola asuh orang tua dengan cara mengedukasi, membimbing dan menyamakan persepsi mengenai pola asuh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: CPR; Bimbingan; Pola Asuh
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nurul Khairun Nisa
Date Deposited: 21 Jan 2022 00:50
Last Modified: 21 Jan 2022 00:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48115

Actions (login required)

View Item View Item