Pesan dakwah dalam kesenian : Studi deskriptif pada kesenian Ronggeng Gunung di Desa Panyutran Kecamatan Padaherang Kkabupaten Pangandaran

Ningsih, Septiara Rahmana (2021) Pesan dakwah dalam kesenian : Studi deskriptif pada kesenian Ronggeng Gunung di Desa Panyutran Kecamatan Padaherang Kkabupaten Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi (5).pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Ronggeng iGunung imenjadi isalah isatu ibudaya ibangsa iIndonesia iyang iselama iini dilindungi idan idilestarikan idengan icara ibaik ioleh imasyarakat. Ronggeng gunung memiliki gerakan tarian dan syair yang mengandung makna tentang pengajaran Pendidikan mengenai keagamaan secara tersirat. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menganalisis pesan dakwah dalan kesenian Budaya Ronggeng Gunung sesuai dengan ajaran Islam. Peneliti ini dimaksudkan agar dapat mengetahui masyarakat desa panyutran memahami prosesi kesenian ronggeng gunung. kemudian menyingkap pesan dakwah dalam kesenian ronggeng gunung. Penelitian ini mengacu pada teori Tindakan social Max Weber yaitu kerangka berpikir dimana kebenaran suatu empiris atau social sebagai yang akan terjadi atau sebagai hasil konstruksi social. Penelitian ini menggunakan paradigma subjektivisme pendekatan kualitatif studi deskriptif. Metode studi deskriptif digunakan dalam mencari data mengenai prosesi dan pesan dakwah kesenian ronggeng gunung. Hasil penenlitian dari subjek yang diteliti akan dianalisis dan diolah untuk diuraikan secara naratif dan digambarkan secara meluas dan mendalam. Jenis data yang diperlukan ialaha data yang berhubungan dengan kebudayaan kesenian ronggeng gunung terutama mengenai prosesi kesenian ronggeng gunung dan pesan dakwah yang terkandung dalam kesenian ronggeng gunung. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Rangkaian prosesi kesenian ronggeng gunung yaitu melalui acara hajatan pernikahan, khitanan, syukuran padi, sekaten peringatan maulid Nabi, PHBI dan PHBN. Kemudian pesan dakwah kesenian ronggeng gunung yaitu sedekah dalam bentuk kecil, yang menggambarkan keindahan, ketentraman dan ketenangan suatu masyarakat menuju ridho Allah SWT. Kesenian ronggeng gunung juga dimaknai sebagai pengikat tali Ukhuwah Islamiyah agar masyarakat tetap menjaga tradisi dan adat istiadat seperti tolong menolong dan saling berbagi kepada sesame manusia. Penelitian ini memberikan implikasi bagi masyarakat, menyadari keberadaan budaya ronggeng gunung dengan eksistensinya sendiri dan diimplementasikan kedalam tidakan social masyarakat yang telah melekat dari zaman dulu. generasi muda dituntut untuk melestarikan kebudayaan tersebut dengan ebrbagai cara sesuai dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat jangan sampai kebudayaan ini terbengkalai yang pada akhirnya dilupakan karena negara Indonesia kaya akan keberagaman dan keunikan khas budaya daerah masing-masing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah;Kesenian;Ronggeng Gunung
Subjects: Islam > Islam and Arts
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Septiara Rahmana Ningsih
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:29
Last Modified: 21 Jan 2022 07:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48114

Actions (login required)

View Item View Item