Dampak ekonomi Home Industry Tahu Sutra terhadap kehidupan masyarakat pada masa pandemi covid-19 : Penelitian deskriptif di Kawasan Sentra Tahu Cibuntu Jalan Aki Padma Selatan Kelurahan Babakan Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung

Rohimat, Aji (2021) Dampak ekonomi Home Industry Tahu Sutra terhadap kehidupan masyarakat pada masa pandemi covid-19 : Penelitian deskriptif di Kawasan Sentra Tahu Cibuntu Jalan Aki Padma Selatan Kelurahan Babakan Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy

Abstract

Wabah pandemi Covid-19 telah menginfeksi seluruh manusia di belahan dunia termasuk Indonesia. Pandemi Covid-19 berdampak terhadap seluruh sektor di masyarakat meliputi sosial, politik maupun ekonomi. Dampak tersebut khususnya dirasakan oleh UMKM yang menjadi penyumbang terbesar dalam pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Keberadaan home industry Tahu Sutra merupakan salah satu UMKM yang menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi masyarakat pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan menggambarkan dampak ekonomi home industry Tahu Sutra terhadap masyarakat di Kawasan Sentra Tahu Cibuntu. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep struktural fungsional Talcot Parson (adaptation, goal attainment, integration, latency). Konsep ini dipilih karena relevan dengan keberadaan home industry Tahu Sutra sebagai bagian dari sistem sosial yang mempengaruhi sistem sosial lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data-data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak ekonomi dari keberadaan home industry Tahu Sutra bukan hanya dirasakan oleh masyarakat di Kawasan Sentra Tahu Cibuntu tetapi oleh masyarakat luar juga. Hal ini menunjukan bahwa ketika masa pandemi Covid-19 aktivitas ekonomi baik dari produksi, distribusi dan konsumsi berjalan dengan lancar. Home industry Tahu Sutra telah menjalankan fungsi-fungsi dalam konsep struktural fungsional Talcot Parson dilakukan dengan fungsi (1) adaptasi (adaptation) dengan melihat kebutuhan yang ada dalam lingkungan masyarakat. Fungsi (2) tujuan utama (goal attainment) yaitu menjadi roda penggerak perekonomian di Kawasan Sentra Tahu Cibuntu. Fungsi (3) Integrasi (integration) yaitu dengan menjaga interaksi dan hubungan dengan struktur sosial lainnya seperti dengan sesama pengusaha tahu lain, para distributor, dan elemen masyarakat. Fungsi (4) pemeliharaan (latency) dengan menjaga agar pola dalam sistem sosial tetap berjalan dengan baik dengan memberikan insentif bonus pda pegawai serta menjaga kualitas barang bagi pada distributor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dampak ekonomi; home industry; pandemi Covid-19;
Subjects: Social Process
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aji Rohimat
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:19
Last Modified: 19 Jan 2022 07:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48103

Actions (login required)

View Item View Item