Pemberdayaan konservasi hutan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat: Studi deskriptif di Dusun Cihantap Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang

Julfadillah, Euginia (2021) Pemberdayaan konservasi hutan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat: Studi deskriptif di Dusun Cihantap Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan konservasi yang seringkali dihadapkan pada dua hal yang selalu dipertentangkan, yaitu promanusia atau pro-lingkungan. Padahal dalam pengelolaan kawasan konservasi, kedua hal tersebut dapat disatukan dalam satu konsep pengelolaan kolaboratif. Masyarakat sekitar kawasan konservasi berperan penting dalam pengelolaan sumber daya alam dan kawasan konservasi melalui kearifan lokal dan aturan adat mereka. Begitupun dengan hasil hutan yang berperan penting bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori Pemberdayaan masyarakat. Yangmana Pengembangan Masyarakat sebagai cara meningkatkan kesadaran, kemampuan, perilaku, keterampilan serta pemanfaatan sumber daya sebagai upaya pengembangan dan peningkatan kemandirian serta kesejahteraan masyarakat melalui program, aturan, dan juga advokasi yang sesuai dengan prioritas masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan penafsiram logika yang dihubungkan dengan konteks Pemberdayaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Balai Konservasi Sumber Daya Alam menjadikan Masyarakat sebagai mitra untuk menjaga kelestarian hutan dengan menerapkan konsep pemberdayaan. Begitupun masyarakat yang dengan bijak memanfaatkan hutan berupa hasil hutan bukan kayu seperti penyadapan getah pinus dan bercocok tanam yang hasilnya mempengaruhi keadaan ekonomi masyarakat. Salah satu langkah yang dilakukan yaitu dengan membentuk Kelompok Tani Hutan dengan berbagai kegiatan seperti reboisasi, patroli kawasan, dan pendampingan lainnya yang berkaitan dengan konservasi hutan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jika terjadi interaksi yang positif dari masyarakat terhadap hutan dengan menjaga kelestarian hutan, maka Pemberdayaan Konservasi Hutan Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat bisa terjadi dan menjadi solusi saling menguntungkan (mutualisme) bagi perekonomian masyarakat dan kelestarian hutan konservasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Konservasi Hutan; Ekonomi Masyarakat
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Customs of People
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Euginia Julfadillah
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:40
Last Modified: 19 Jan 2022 01:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48073

Actions (login required)

View Item View Item