Hubungan antara Muraqabah dengan perilaku jujur santri di Pondok Mufidah Santi Asromo Majalengka : Studi korelasi terhadap santri kelas X di Pondok Mufidah Santi Asromo Majalengka

Febrianti, Rizka Amelia (2021) Hubungan antara Muraqabah dengan perilaku jujur santri di Pondok Mufidah Santi Asromo Majalengka : Studi korelasi terhadap santri kelas X di Pondok Mufidah Santi Asromo Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis dalam menggali informasi mengenai hubungan muraqabah dengan perilaku jujur. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap muraqabah santri di Pondok Mufidah Santi Asromo Majalengka, bagaimana perilaku jujur santri di Pondok Mufidah Santi Asromo Majalengka dan adakah hubungan antara muraqabah dengan perilaku jujur santri di Pondok Mufidah Santi Asromo Majalengka. Muraqabah merupakan pengawasan atau merasa bahwa Allah senantiasa mengawasi baik dalam gerak, niat, perilaku dan tindakan yang dilakukan di segala situasi, tempat dan waktu. Sedangkan perilaku jujur adalah berperilaku apa adanya, tidak menyembunyikan, mengada-ada, menambah atau mengurangi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara muraqabah dengan perilaku jujur pada santri. Disisi lain juga untuk membuktikan ada atau tidaknya korelasi antara kedua variabel yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Intrumen yang digunakan ialah dengan menggunakan angket. Sampel penelitian berjumlah 30 orang santriwan dan santriwati kelas X di Pondok Mufidah Santi Asromo Majalengka. Hasil penelitian ini kemudian diolah menggunakan teknik statistika dengan uji validitas, reabilitas dan uji korelasi. Hasil uji hipotesis diperoleh rxy = 0,838 dengan nilai signifikansi p = 0,000 (p<0,05), menunjukan bahwa adanya hubungan yang sangat signifikan antara muraqabah dengan perilaku jujur santri kelas X di Pondok Mufidah Santi Asromo. Dengan demikian hasil yang diperoleh dari korelasi ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan, semakin tinggi muraqabah seorang santri maka semakin tinggi pula perilaku jujur santri tersebut. Dengan kategorisasi pada variabel muraqabah diperoleh 27 dari 30 santri atau 90% dengan interval skor (60-74) dalam kondisi muraqabah tinggi. Kemudian hasil kategori pada variabel perilaku jujur diperoleh 28 dari 30 santri atau 93 % dengan interval skor (60-77) dalam kondisi jujur tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: muraqabah; perilaku jujur; santri;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Islam > Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rizka Amelia Febrianti
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:35
Last Modified: 18 Jan 2022 03:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48064

Actions (login required)

View Item View Item