Upaya meningkatkan percaya diri pada anak melalui kegiatan Cooking Class : Penelitian tindakan kelas di kelas B2 RA Al-Baqiyatusholihat Ciparay Kabupaten Bandung

Samrotunnaziyah, Ziya (2021) Upaya meningkatkan percaya diri pada anak melalui kegiatan Cooking Class : Penelitian tindakan kelas di kelas B2 RA Al-Baqiyatusholihat Ciparay Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pendahuluan telah disebutkan bahwa ditemukan masalah yang terjadi pada anak dalam aspek percaya diri, hal ini dapat dilihat masih banyak anak yang belum berani melakukan kegiatan tanpa bantuan orang lain, dll. Oleh karena itu perlu adanya sebuah metode ataupun kegiatan yang dapat menstimulasi percaya diri pada anak yang disertai dengan kegiatan yang menarik bagi anak. Salah satu kegiatan tersebut yaitu kegiatan cooking class. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : Gambaran percaya diri pada anak kelas B2 RA Al-Baqiyatusholihat Ciparay Kabupaten Bandung sebelum melakukan kegiatan cooking class; Gambaran proses penerapan kegiatan cooking class dalam proses pembelajaran anak usia dini kelas B2 RA Al-Baqiyatusholihat Ciparay Kabupaten Bandung; Percaya diri pada anak kelas B2 RA Al-Baqiyatusholihat Ciparay Kabupaten Bandung setelah melakukan kegiatan cooking class pada seluruh siklus. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa percaya diri pada anak sangatlah penting karena percaya diri merupakan tolak ukur bagi perkembangan anak di masa mendatang, untuk meningkatkan percaya diri anak diperlukan suatu kegiatan yang efektif dan menyenangkan, yaitu dengan menggunakan kegiatan cooking class. Karena salah satu manfaat dari kegiatan cooking class yaitu untuk meningkatkan percaya diri pada anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan pada setiap siklusnya terdapat dua tindakan. Alat pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Subjek responden dalam penelitian ini yaitu anak kelas B2 RA Al-Baqiyatusholihat Ciparay Kab. Bandung dengan jumlah anak 16 orang yang terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan cooking class dapat meningkatkan percaya diri pada anak. Hal ini dapat dilihat dari percaya diri pada anak sebelum dilakukannya kegiatan cooking class memperoleh nilai 59 dengan kategori kurang. Aktivitas guru pada penerapan kegiatan cooking class dalam proses pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase ketercapaian sebesar 73,5 % dengan kategori cukup. Sedangkan aktivitas guru pada siklus II memperoleh persentase ketercapaian sebesar 96,5% dengan kategori sangat aktif. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase ketercapaian sebesar 76,9% dengan kategori cukup. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus II memperoleh persentase ketercapaian sebesar 91,52% dengan kategori sangat aktif. Percaya diri anak pada siklus I berdasarkan hasil perhitungan memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,9 dengan kategori baik. Sedangkan hasil dari siklus II dengan perolehan nilai rata-rata yaitu sebesar 82 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; cooking class; percaya diri anak
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ziya Samrotunnaziyah
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:14
Last Modified: 18 Jan 2022 07:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48060

Actions (login required)

View Item View Item