Pengembangan media pembelajaran picture and picture berbasis QR-code pada materi sistem peredaran darah manusia

Hardiyanti, Nenden (2021) Pengembangan media pembelajaran picture and picture berbasis QR-code pada materi sistem peredaran darah manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Picture and picture berbasis QR-code merupakan media pembelajaran yang mengunakan media kartu yang terdapat dua kartu yaitu kartu pertanyaan dan kartu jawaban yang di dalamnya tertera gambar dan QR-Code. Salah satu materi yang dikembangkan pada media ini yaitu materi sistem peredaran darah pada manusia, dikarenakan materi ini sangat abstrak dan memerulukan gambar dalam penyampaian materinya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran picture and picture berbasis QR-code pada materi sistem peredaran darah manusia. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode R&D dengan menggunakan model 3D (define, design dan develop) yang merupakan adopsi dari model 4D. Penelitian ini dilakukan di SMAN Cibatu dengan subjek 35 orang peserta didik di kelas XI IPA 1 SMAN Cibatu. Hasil uji validasi dari penelitian ini mendapatkan hasil persentase dari ahli materi sebesar 70% dengan kategori valid, hasil persentase dari ahli media sebesar 82% dengan kategori sangat valid dan hasil persentase dari ahli lapangan atau guru mata pelajaran biologi sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Hasil persentase dari respon peserta didik sebesar 87,3% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji ketiga validator dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran picture and picture berbasis QR-code dikatagorikan sangat layak dan dapat digunakan pada materi sistem peredaran darah manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Sistem peredaran darah; R&D
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nenden Hardiyanti
Date Deposited: 18 Jan 2022 00:43
Last Modified: 18 Jan 2022 00:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48046

Actions (login required)

View Item View Item