Analisis putusan nomor:30/Pid.Sus/2015/PN.KNG tentang perampasan barang bukti milik pihak ketiga dalam tindak pidana illegal logging

Jenira, Redita Delizani (2021) Analisis putusan nomor:30/Pid.Sus/2015/PN.KNG tentang perampasan barang bukti milik pihak ketiga dalam tindak pidana illegal logging. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Studi terhadap Putusan Pengadilan Nomor:30/Pid.Sus/2015/PN.Kng menunjukan bahwa hakim sudah benar dalam penjatuhan hukuman terhadap pelaku tindak pidana illegal logging, akan tetapi terhadap barang bukti berupa kendaraan yang digunakan dalam tindak pidana tersebut belumlah sepenuhnya mewujudkan keadilan bagi pihak ketiga yang sama sekali tidak terlibat dalam tindak pidana tersebut harus mengalami kerugian materil akibat dari perampasan barang berharga miliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertimbangan hukum hakim dalam putusannya memutus barang bukti milik pihak ketiga dirampas untuk negara dan bagaimana analisis terhadap Putusan Pengadilan Nomor:30/Pid.Sus/2015/PN.Kng tentang tindak pidana illegal logging. Penelitian ini menggunakan teori keadilan bahwa setiap orang diberikan keseimbangan antara apa yang diberikan dengan apa yang diterima, serta menggunakan asas legalitas dalam hukum pidana bahwa suatu perbuatan tidak dapat dipidana kecuali berdasarkan kekuatan perundang-undangan pidana yang telah ada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis untuk memberikan gambaran dan juga mengambil kesimpulan dari masalah yang dibahas. Metode pendekatan yang digunakan adalah studi kasus (case studies) sebagai proses penyelidikan dan pemeriksaan secara mendalam pada Putusan Pengadilan Nomor:30/Pid.Sus/2015/PN.Kng. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, studi lapangan berupa observasi dan wawancara dengan pihak terkait, serta studi dokumen yang menunnjang penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Putusan Pengadilan Nomor:30/Pid.Sus/2015/PN.Kng, hakim memutus barang bukti berupa kendaraan milik pihak ketiga dirampas untuk negara berdasarkan Surat Edaran Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 01 Tahun 2008 tentang Petunjuk Penanganan Perkara Tindak Pidana Kehutanan. Pertimbangan hukum majelis hakim tersebut hanya mendasarkan pertimbangan yang mengacu kepada hukum positif yang statis yang mana seharusnya mengakomodir beberapa aspek yakni, aspek filosofis, yuridis, dan sosiologis yang mencerminkan kepastian hukum yang adil, dan kemanfaatan bagi pihak ketiga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Barang bukti; pihak ketiga; illegal logging
Subjects: Criminal Law
Criminal Law > Criminal Evidence
Criminal Law > Criminal Procedure of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Redita Delizani Jenira
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:50
Last Modified: 18 Jan 2022 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48036

Actions (login required)

View Item View Item