Studi perbandingan penerapan sanksi pembunuhan oleh anak pada putusan nomor: 9/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Cbn dan putusan nomor: 2/Pid.Sus.Anak/2018/PN.Bgr

Araniri, Anshar (2021) Studi perbandingan penerapan sanksi pembunuhan oleh anak pada putusan nomor: 9/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Cbn dan putusan nomor: 2/Pid.Sus.Anak/2018/PN.Bgr. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy

Abstract

Terdapatnya suatu perbandingan putusan dalam klasifikasi perkara pembunuhan oleh anak dalam Putusan Pengadilan Negeri Cirebon Nomor 9/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Cbn dan Putusan Pengadilan Negeri Bogor Nomor 2/Pid.Sus.Anak/2018/PN.Bgr. dimana dalam putusan PN Cirebon anak dijatuhi hukuman rehabilitasi 24 bulan sedangkan dalam Putusan PN Bogor anak dijatuhi hukuman 4 tahun penjara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Putusan Hakim Tentang Sanksi Pembunuhan oleh anak dalam Putusan Nomor: 9/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Cbn dan Putusuan Nomor: 2/Pid.Sus.Anak/2018/PN.Bgr, untuk mengetahui bagaimana Pertimbangan Hukum Hakim dalam Putusan Nomor: 9/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Cbn dan Putusuan Nomor: 2/Pid.Sus.Anak/2018/PN.Bgr , untuk mengetahui Disparitas penerapan sanksi Pidana oleh Anak dalam Putusan Nomor: 9/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Cbn dan Putusuan Nomor: 2/Pid.Sus.Anak/2018/PN.Bgr. Penilitian ini menggunakan metode Penelitian Komparatif yang dilakukan untuk membandingkan persamaan dan perbedaan 2 atau lebih fakta-fakta objek yang diteliti. Jenis data yang dikumpulkan adalah jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik Studi Pustaka dan Wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kedua putusan PN Cirebon dan PN Bogor mempunyai persemaan delic perkara, dakwaan, dan hal yang memberatkan meringankannya sama. Serta perbedaannya dalam amar putusan dan pertimbangan non yuridis. Dalam kasus hukum pidana tidak pernah ada kasus yang sama persis meskipun dalam kualifikasi yuridisnya sama dalam putusan tetapi secara faktual dan utuh masing-masing itu berbeda. Problematika mengenai Disparitas pidana dalam penegakkan hukum di Indonesia memang tidak dapat dihapuskan begitu saja, yang dapat ditempuh hanyalah upaya-upaya dalam rangka meminimalisasir disparitas pidana yang terjadi dalam masyarakat. Dari beberapa persepsi praktisi dan kalangan akademisi mengenai disparitas putusan hakim pada klasifikasi perkara pembunuhan adalah dengan melihat kasuistik perkara yang ditanganinya sehingga menyebabkan disparitas. Disparitas putusan hakim pada umumnya bukanlah merupakan suatu permasalahan besar di dalam hukum pidana. Sebab hakim di dalam menjatuhkan putusan pasti disparitas maupun itu dalam suatu delik dan dakwaan yang sama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak; Sanksi Pidana; Perbandingan Putusan; Disparitas; Pertimbangan Hukum Hakim
Subjects: Law > Comparative Law
Criminal Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Ansar Araniri
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:19
Last Modified: 17 Jan 2022 06:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48010

Actions (login required)

View Item View Item