Solidaritas sosial Ikatan Mahasiswa Angkatan Muda Siliwangi Kota Bandung di era pandemi covid-19 : Penelitian terhadap eksitensi organisasi dan partisipasi anggota terhadap fenomena sosial di Organisasi Ikatan Mahasiswa Angkatan Muda Siliwangi Kota Bandung

Restuico, Arsadi (2021) Solidaritas sosial Ikatan Mahasiswa Angkatan Muda Siliwangi Kota Bandung di era pandemi covid-19 : Penelitian terhadap eksitensi organisasi dan partisipasi anggota terhadap fenomena sosial di Organisasi Ikatan Mahasiswa Angkatan Muda Siliwangi Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Solidaritas Sosial yang terjalin di Ikatan Mahasiswa Angkatan Muda Siliwangi Kota Bandung di Era Pandemi Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 tentunya berpengaruh terhadap hubungan dalam kehidupan organisasi dengan para anggotanya. Ketika solidaritas sosial tinggi, di dalam anggota kelompok yang terlibat mempunyai perasaan persaudaraan antara satu dengan yang lain dengan melibatkan cita-cita, nilai , norma dan peranan kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Solidaritas Sosial yang berhubungan dengan Eksistensi Organisasi dan Partisipasi Anggota di Organisasi Ikatan Mahasiswa Siliwangi Kota Bandung di masa Pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini digunakan teori solidaritas yang dikemukakan oleh Emile Durkheim yaitu solidaritas sosial anggota masyarakat diikat oleh kesadaran kolektif, hati nurani kolektif yaitu suatu kesadaran bersama yang mencakup keseluruhan kepercayaan dan perasaan kelompok dan dipersatukan oleh saling ketergantungan antar anggotanya Metode penelitian pada skripsi ini adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi dan wawancara dengan Ketua, Anggota dan Alumni IMA AMS Kota Bandung. Adapun analisis data yang digunakan adalah paparan/sajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapat bahwa yang dilakukan oleh IMA AMS Kota Bandung dimasa pandemi Covid-19 mengenai eksistensi organisasi melakukan: (1)kaderisasi formal, (2)konsolidasi ke kampus dan instansi pemerintah,(3) Aksi/demonstrasi. Bentuk solidaritas Sosial yang dilakukan (1)forum kajian mingguan, (2)diskusi publik, (3)musyawarah, (4)pengabdian kepada masyarakat. Partisipasi anggota terhadap fenomena sosial ditunjukkan melalui Motivasi, Keaktifan dan Disiplin terhadap organisasi. Yang pada akhirnya terbentuk Solidaritas Sosial di dalam kehidupan organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Solisaritas Sosial; Eksitensi Organisasi; Partisipasi Anggota
Subjects: General Organizations, Foundations
Higher Education, Universities > Organization and Activities in Higher Education
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Arsadi Restuico
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:26
Last Modified: 27 Jan 2022 01:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48000

Actions (login required)

View Item View Item