Analisis pengembangan ekonomi pesantren melalui produk halal studi kasus DN Bakery pondok pesantren Darussalam Tasikmalaya

Hilal, Saepul (2022) Analisis pengembangan ekonomi pesantren melalui produk halal studi kasus DN Bakery pondok pesantren Darussalam Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (775kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy

Abstract

Dalam perjalanannya, pesantren telah ikut andil dalam upaya membangun sumber daya manusia dalam kehidupan bangsa dan memberikan sumbangan kontribusi yang cukup signifikan di dalam penyelenggaraan sistem pendidikan dan pembelajaran di Indonesia. pondok pesantren harus mengambil perannya sebagai penggerak utama dalam pengembangan ekonomi dengan kemandiriannya. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui potensi pengembangan yang dimiliki Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya, 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya pengembangan ekonomi pesantren melalui industri produk halal DN Bakery di pondok pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya. 3) Untuk mengetahui bagaimana pencapaian dari pengembangan Ekonomi Pesantren DN Bakery. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penelitian dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara mendalam. Adapun informasi peneliti adalah ustadz/ ustadzah, pengurus dan santri. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa potensi pengembangan ekonomi yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya ialah potensi kiai, santri, simpatisan masyarakat dan alumni. Sementara upaya yang dilakukan Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya dalam pengembangan ekonomi pesantrn yaitu: 1) membangun relasi dengan banyak pihak, 2) melibatkan seluruh element yang ada dan tenaga ahli, 3) Penyediaan tempat produksi, 4) Membuka perekrutan tenaga produksi. Dari upaya tersebut terdapat capaian-capaian yang berhasil, yaitu a) Penambahan produksi, 2) peningkatan jumlah produksi, 3) Penambahan pegawai, 4) Ikut serta dalam kegiatan-kegiatan acara pondok, 5) Mempromosikan kepada masyarakat luas (media sosial), 6) Mempunyai label halal MUI dan PIRT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesantren;Pengembangan ekonomi;Produk Halal
Subjects: Econmics > Research Methods of Economic
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Saepul Hilal
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:27
Last Modified: 18 Jan 2022 07:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47992

Actions (login required)

View Item View Item