Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media busy book dengan kemampuan mengenal huruf anak usia dini : Penelitian di kelompok B1 RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung

Kusmiati, Anggi (2021) Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media busy book dengan kemampuan mengenal huruf anak usia dini : Penelitian di kelompok B1 RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, adanya fenomena yang menarik untuk diteliti, yaitu adanya kesenjangan antara aktivitas anak pada penggunaan media busy book dengan rendahnya kemampuan mengenal huruf anak usia dini. Di satu sisi, aktivitas anak pada penggunaan media busy book di kelompok B1 RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung terlihat antusias dan memiliki semangat tinggi. Tetapi di sisi lain kemampuan mengenal huruf anak masih rendah. Hal ini terlihat dari masih ada anak yang belum mampu menulis namanya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Realitas aktivitas anak pada penggunaan media busy book di kelompok B1 RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung; 2) Realitas kemampuan mengenal huruf anak usia dini di kelompok B1 RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung; dan 3) Realitas aktivitas anak pada penggunaan media busy book dengan kemampuan mengenal huruf anak usia dini di kelompok B1 RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung. Penelitian ini berdasarkan pada asumsi teori yang menyatakan bahwa kemampuan mengenal huruf anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya penggunaan media pembelajaran busy book. Berdasarkan asumsi teori tersebut dapat dirumuskan hipotesis yakni, semakin tinggi aktivitas anak pada penggunaan media busy book maka semakin tinggi juga kemampuan anak mengenal huruf. Demikian juga sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung yang berjumlah 12 anak. Penelitian ini menggunakan tenik sampling jenuh karena semua populasi dijadikan sebagai responden. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas anak pada penggunaan media busy book diperoleh nilai rata-rata 74. Nilai tersebut berada pada interval 70 – 79 dengan interpretasi baik. Demikian juga kemampuan mengenal huruf anak diperoleh nilai rata-rata 70. Nilai tersebut berada pada interval 70 – 79 dengan interpretasi baik. Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media busy book dengan kemampuan mengenal huruf anak diperoleh angka koefisien 0,93 angka tersebut berada pada interval koefisien korelasi 0,800 – 1,000 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji signifikasi menunjukkan harga t_hitung=7,91 dan t_tabel=2,228 maka dapat diinterpretasikan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan kata lain ada hubungan yang signifikan antara aktivitas anak pada penggunaan media busy book dengan kemampuan mengenal huruf anak usia dini di RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung. Adapun kontribusi aktivitas anak pada penggunaan media busy book terhadap kemampuan mengenal huruf sebesar 86%. Dengan demikian 14% lagi kemampuan mengenal huruf anak dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Anak; Media Busy Book; Kemampuan Mengenal Huruf; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Anggi Kusmiati
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:31
Last Modified: 19 Jan 2022 03:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47979

Actions (login required)

View Item View Item