Pengaruh manajemen perubahan (Change Management) terhadap mutu pendidikan madrasah : Penelitian pada Madrasah Aliyah se Kabupaten Tasikmalaya

Jajang S, D (2021) Pengaruh manajemen perubahan (Change Management) terhadap mutu pendidikan madrasah : Penelitian pada Madrasah Aliyah se Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan ialah pergeseran dari keadaan sekarang suatu organisasi menuju pada keadaan yang diinginkan di masa depan. Mutu produk pendidikan akan dipengaruhi oleh sejauh mana lembaga mampu mengelola seluruh potensi secara optimal mulai dari tenaga kependidikan, peserta didik, proses pembelajaran, sarana pendidikan, keuangan dan termasuk hubungannya dengan masyarakat. Masalah yang terjadi di lapangan bahwa masih banyak sekolah-sekolah di Kabupaten Tasikmalaya dalam penyelenggaraan pendidikan di Madrasah dihadapkan pada situasi dan tantangan yang sangat besar dalam upaya meningkatkan manajemen mutu madrasah dalam kontek pengelolaan madrasah berbagai upaya mewujudkan madrasah yang memprioritaskan input, proses, output, serta pengawasan dalam meningkatkan mutu madrasah di pondok pesantren, terus dilakukan dengan melibatkan seluruh stakeholders dan pelaksana pendidikan Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk variabel X yaitu manajemen perubahan menggunakan teori Sumber Daya Manusia, dan ( Wibowo 2019: 23 ) dan variabel Y yaitu mutu pendidikan madrasah menggunakan teori ( Dedi Mulyasa 2019: 23 ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk Mengetahui Manajemen Perubahan di Madrasah Aliyah di Kabupaten Tasikmalaya; Untuk Mengetahui Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah di Kabupaten Tasikmalaya; Untuk Mengetahui Pengaruh Manajemen Perubahan Terhadap Mutu Madrasah di Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode deskriptif dan study riset. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan angket kuesioner dengan sampel 96 orang. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrument (validitas dan reabilitas), uji normalitas analisis korelasi, uji hipotesis ( uji koefisien determinan). Manajemen perubahan (Change Management) di Madrasah Aliyah, berdasarkan hasil penelitian dari 96 responden dengan 3 indikator yaitu Sumber Daya Manusia, Teknologi, Budaya Organisasi dan Struktur Organisasi. Berada pada rentang interval interval 3224-3840, dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa managemen perubahan ini memberikan pengaruh 84,5% atau berpengaruh sangat tinggi terhadap peningkatkan mutu Madrasah. Kemudian mutu pendidikan Madrasah di Madrasah Aliyah se kabupaten Tasikmalaya berdasarkan hasil penelitian dari 96 responden dengan 8 indikator yaitu Standar Kompetensi, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Prasarana dan Prasana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiyaan dan Standar Penilaian. Berada pada rentang interval interval 5242-6240, dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa managemen perubahan ini memberikan pengaruh 84,5% atau berpengaruh sangat tinggi terhadap peningkatkan mutu Madrasah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen perubahan; Mutu Pendidikan Madrasah;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: D Jajang S
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:11
Last Modified: 17 Jan 2022 04:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47977

Actions (login required)

View Item View Item