Peran madrasah terhadap penanaman akhlak karimah siswa DI MIS Muslimin Cihurang : Penelitian deskriftip kualitatif di MIS Muslimin Cihurang Des. Singajaya Kec. Cihampelas Kab. Bandung Barat

Khusni, Syahrul (2021) Peran madrasah terhadap penanaman akhlak karimah siswa DI MIS Muslimin Cihurang : Penelitian deskriftip kualitatif di MIS Muslimin Cihurang Des. Singajaya Kec. Cihampelas Kab. Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang permasalahan pada penelitian ini adalah islam sebagai agama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan sebagai penyempurna bagi agama-agama samawi sebelumya merupakan sangat berperan terhadap penanaman akhlak karimah khususnya generasi muda saat ini. Karena di era modern ini terjadi sebuah kontradiksi yang sangan jelas terlihat yaitu kemajuan teknologi di satu pihak dan kemerosotan akhlak di pihak lainnya. Karena kemerosotan akhlak inilah maka peran islam khususnya dalam dunia pendidikan dituntut untuk lebih gencar menanamkan akhlak karimah kepada peserta didik salah satunya adalah di MIS Muslimin Cihurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Bentuk-bentuk penanaman akhlak karimah, pelaksanaan penanaman akhlak karimah, dan tahapan-tahapan penanaman akhlak karimah di MIS Muslimin Cihurang, Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, sumber data dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru dan 1 orang siswa kelas VI MIS Muslimin Cihurang. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber analisis menggunakan reduksi data penyajian data menggunakan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu diketahui bahwa bentuk bentuk penanaman akhlak karimah di MIS Muslimin Cihurang itu terbagi menjadi 3 bagian yaitu, akhlak tehadap Allah swt, akhlak terhadap sesama manusia dan akhlak terhadap alam. Adapun pelaksanaan penaman akhlak karimah yang direapkan di MIS Muslimin Cihurang adalah menggunakan metode uswah, metode hiwar, metode qishah, metode amtsal, metode pembiasaan, metode ibrah dan metode targib. Adapun tahapan penanaman akhlak karimah di MIS Muslimin Cihurang yaitu tahapan penanaman adab pada usia 5 sampai 6 tahun, tahapan penanaman tanggungjawab pada usia 7 sampai 8 tahun, tahapan penanaman kepedulian pada usia 9 sampai 10 tahun dan tahapan penanaman kemandirian pada usia 11 sampai 12 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Madrasah; Penanaman Akhlak; Siswa;
Subjects: Education, Research
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahrul Khusni
Date Deposited: 18 Jan 2022 08:33
Last Modified: 18 Jan 2022 08:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47975

Actions (login required)

View Item View Item