Hubungan sistem informasi akademik berbasis website dengan mutu pelayanan akademik : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung

Alvia, Risa (2021) Hubungan sistem informasi akademik berbasis website dengan mutu pelayanan akademik : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah menjangkau ke berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Dalam realitasnya madrasah harus memberikan informasi yang efektif dan berkualitas. Dengan bantuan teknologi maka madrasah harus mulai memanfaatkan sistem informasi yang sudah berkembang dalam mengolah data dan memberikan informasi yang berkualitas, salah satunya sistem informasi akademik berbasis website. Penerapan sistem informasi akadmik berbasis website ini ditujukan untuk memudahkan madrasah dalam mengolah data-data agar menjadi informasi yang berkaitan dengan akademik serta memberikan pelayanan yang optimal dalam memenuhi kebutuhan warga madrasah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisa sistem informasi akademik berbasis website dan mutu pelayanan akademik serta mengetahui sejauh mana hubungan antara sistem informasi akademik berbasis website dengan mutu pelayanan akademik pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi (hubungan). Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Kemudian Teknik analisis data menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas), uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linearitas), dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akademik berbasis website ini memiliki hubungan atau keterkaitan yang signifikan dengan mutu pelayanan akademik. Ini bisa dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Hubungan kedua variabel ini memiliki hubungan yang kuat karna nilai Pearson Correlation diperoleh 0,715. Nilai 0,715 termasuk pada tingkat hubungan yang kuat karena berada pada rentang 0,60 – 0,799. Adapun Jenis hubungan variabel sistem informasi akademik berbasis website dengan mutu pelayanan akademik mengarah kepada jenis hubungan yang positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,715 dengan tidak memiliki tanda (-) diangka tersebut, sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi sistem informasi akademik berbasis website maka semakin tinggi pula mutu pelayanan akademik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akademik; Mutu pelayanan; SIM
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Risa Alvia
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:36
Last Modified: 25 Jan 2022 02:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47963

Actions (login required)

View Item View Item