Hubungan Sistem Informasi Manajemen Pendidik dan Kependidikan (SIMPATIKA) dengan kepuasan kerja : Penelitian pada pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Bandung

Assyfa, Salma Nurul (2021) Hubungan Sistem Informasi Manajemen Pendidik dan Kependidikan (SIMPATIKA) dengan kepuasan kerja : Penelitian pada pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Sistem informasi manajemen telah mengalami perkembangan dan kemajuan yang pesat pada dekade ini yang memacu banyak organisasi atau instansi untuk menggunakan teknologi tersebut sebagai pengolah dan penyedia informasi. Salah satu asset organisasi yang paling penting saat ini adalah sistem informasi yang responsive dan berorientasi pada pengguna. Dengan system yang baik diharapkan dapat meningkatkan produktifitas, kepuasan kerja, menurunkan jumlah persediaan yang harus dikelola, mengurangi kegiatan yang tidak memberikan nilai tambah, meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mempermudah pengambilan keputusan bagi manajemen untuk mengkoordinasikan kegiatan dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran sistem informasi pendidik dan kependidikan (SIMPATIKA) Madrasah Tsanawiyah di kabupaten Bandung. 2) Mengidentifikasi kepuasan kerja pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Tsanawiyah di kabupaten Bandung. 3) Sejauhmana hubungan sistem informasi pendidik dan kependidikan (SIMPATIKA) dengan kepuasan kerja pendidik dan tenaga kependidikan di kabupaten Bandung. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis statistik korelasional. Teknik pengambilan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument (validitas dan reabilitas), uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat ( uji normalitas dan linieritas), uji korelasi, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Gambaran sistem informasi manajemen pendidik dan kependidikan (SIMPATIKA) Madrasah Tsanawiyah di kabupaten Bandung diperoleh angka 3,84 nilai tersebut termasuk kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40-4,19. 2) Identifikasi kepuasan kerja pendidik dan tenaga kependidikan diperoleh angka 4.05 nilai tersebut termasuk kualifikasi tinggi karena berada pada rentang interval 3,40 – 4,19. 3) Terdapat hubungan antara sistem informasi manajemen pendidik dan kependidikan (SIMPATIKA) dengan kepuasan kerja karena berada pada kategori sedang dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,522 berada pada interval 0,40-0,59. Dengan memperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 dan mengarah pada sifat positif sehingga hubungan kedua variable tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi penggunaan sistem informasi manajemen pendidik dan kependidikan (SIMPATIKA) maka semakin tinggi pula kepuasan kerja pendidik dan tenaga kependidikannya. Selanjutnya diperoleh koefisiensi determinasi (R square) sebesar 0.272 bermakna bahwa kontribusi variable sistem informasi manajemen pendidik dan kependidikan (SIMPATIKA) terhadap kepuasan kerja pendidik dan tenaga kependidikan adalah 27,2 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen Pendidik dan Kependidikan (SIMPATIKA;Kepuasan Kerja
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Management
General Management > Elements of Personnel Management
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Salma Nurul Assyfa
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:48
Last Modified: 17 Jan 2022 01:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47957

Actions (login required)

View Item View Item