Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan alokasi dana desa di Desa Gandasoli Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta Tahun 2020

Nabilah, Fitri Sarah (2021) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan alokasi dana desa di Desa Gandasoli Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta Tahun 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi menjadi wujud pemahaman, tanggung jawab serta kepedulian masyarakat terhadap nilai pembangunan. Kegiatan membangun masyarakat dengan adanya partisipasi masyarakat dapat mendorong masyarakat menjadi lebih aktif dan inovatif. Dengan adanya Alokasi Dana Desa pemerintah Desa dan masyarakat memiliki hubungan yang erat dan sekaligus dapat meningkatkan partisipasi masyarakat. Dalam proses pengambilan keputusan serta pelaksanaan kegiatan masih ada beberapa tokoh masyarakat, RT, RW, karangtaruna yang tidak mengikuti rapat musrbang dan dalam pelaksanaan pembangunan masih terdapat beberapa kendala yaitu masyarakat yang tidak memanfaatkan hari orang kerja sehingga insentif yang diberikan kepada masyarakat pun tidak maksimal. Penelitian ini mengkaji tentang partisipasi masyarakat dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa Gandasoli Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan kegiatan, pemantauan dan evaluasi serta pemanfaatan hasil-hasil pembangunan dan faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa. Penelitian ini menggunakan teori dari Yadav (1980) dalam (Theresia 2015;198) dikatakan partisipasi ini mempunyai empat macam kegiatan, kegiatan tersebut menunjukkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan, yaitu partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan kegiatan pembangunan, pemantauan dan evaluasi serta partisipasi dalam pemanfaatan hasil-hasil pembangunan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimana dengan menggunakan metode ini peneliti dapat mendeskripsikan dan memahami terkait partisipasi masyarakat dalam pengelolaan alokasi dana desa ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa Gandasoli Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta ini sudah cukup baik, namun masih ada beberapa kendala dari masyarakat yang belum begitu antusias dalam menghadiri rapat musrenbang, keterlibatan pemuda yang masih kurang dan masih ada beberapa masyarakat yang tidak memanfaatkan dana insentif yang diberikan oleh pemerintah Desa serta kurangnya partisipasi masyarakat dalam proses pelaksanaan pembangunan sarana air bersih dilihat dari hari orang kerja yang kurang maksimal dalam pengerjaannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyrakat; ADD; Desa ;
Subjects: Public Finance > Public Finance of Specific Localities
Public Administration
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Fitri Sarah Nabila
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:39
Last Modified: 17 Jan 2022 01:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47941

Actions (login required)

View Item View Item