Pesan sosial pada foto jurnalistik di media Republika : Analisis semiotika foto Essay dampak pandemi covid-19 di Rubrik Rana Republika edisi juli 2020

Kurniawan, Rifqi Raynanda (2021) Pesan sosial pada foto jurnalistik di media Republika : Analisis semiotika foto Essay dampak pandemi covid-19 di Rubrik Rana Republika edisi juli 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy

Abstract

Foto-foto pada rubrik Rana Media Republika Juli 2020 menjadi perekam sejarah atas kejadian pandemi di Indonesia, terutama dalam sektor pendidikan dan pariwisata. Hal tersebut menjadi latar belakang peneliti untuk mengetahui pesan sosial pada foto-foto tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan sosial pada foto jurnalistik pada media Republika, dampak dari pandemi covid-19 yang terjadi di sektor pendidikan dan pariwisata. Penelitian ini menelaah pesan sosial dengan menganalisis tanda yang terdapat pada visual foto yang dimuat di rubrik Rana Media Republika edisi Juli 2020. Penelitian ini menggunakan teori C.S Pierce yang menganalisi sign, object, dan interpretant. Proses semiosis dengan tahapan penerapan sign/representamen yang menjadi perwakilan dari tanda (melalui panca indera); mengaitkan perwakilan tanda tersebut dalam kognisi manusia (menafsirkan sign) tersebut yang disebut object; menafsirkan sesuai sign dan object yang biasa disebut interpretant, yang mengandung pesan sosial. Metode kualitatif digunakan pada penelitian ini, peneliti menganalisis data menggunakan teknik kajian pustaka, observasi, dan wawancara. Penelitian ini mencoba mendeskripsikan dan menelaaah pesan sosial pada foto dengan proses semiosis C. S. Pierce dengan menggunakan data yaitu gambar, selanjutnya dipadukan dengan sudut pandang pewarta foto yang memotret foto tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah foto-foto dalam judul "Wisuda Tanpa Kemeriahan" memberikan pesan sosial tentang adaptasi para wisudawan/ti yang mengikuti wisuda daring dengan perasaan khidmat, bahagia, dan sederhana. Foto-foto dalam judul "Awal Tahun Ajaran Baru" memberikan pesan sosial tentang semangat antusiasme para pelajar yang memasuki sekolah walaupun harus melakukan protokol kesehatan. Foto-foto dalam judul "Pariwisata Yogya yang Mulai Menggeliat" memberikan pesan sosial mengenai situasi pariwisata Yogya yang sudah aman dengan fasilitas protokol keshatan lengkap dan imbauan ketat tentang pentingnya protokol kesehatan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: semiotika; analisis C.S Pierce; foto jurnalistik; pandemi; pesan sosial.
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Philosopy and Theory > Semiotics
Photography and Photographs > Philosophy and Theory of Photography and Photographs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rifqi Raynanda Kurniawan
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:37
Last Modified: 14 Jan 2022 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47917

Actions (login required)

View Item View Item