Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap implementasi peraturan Bupati Bandung nomor 13 tahun 2018 tentang pedoman pelaksanaan pengawasan terhadap pencegahan dan perlindungan korban tindak kekerasan terhadap perempuan oleh P2tp2a pada masa pandemi Covid-19

Ulfa, Fadhila (2021) Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap implementasi peraturan Bupati Bandung nomor 13 tahun 2018 tentang pedoman pelaksanaan pengawasan terhadap pencegahan dan perlindungan korban tindak kekerasan terhadap perempuan oleh P2tp2a pada masa pandemi Covid-19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Peraturan Bupati Bandung Nomor 13 Tahun 2018, lembaga utama yang berwewenang dalam menangani kasus kekerasan terhadap perempuan adalah P2TP2A yang bertanggung jawab dalam pencegahan dan penanganan. Namun fakta di lapangan, semenjak pandemi covid-19, P2TP2A hanya menjalankan tugasnya dalam hal penanganan, ditengah kasus kekerasan terhadap perempuan yang terus meningkat. Tujuan Penelitian ini yang pertama adalah untuk mendeskripsikan lembaga yang bertugas dalam mengimplementasikan Peraturan Bupati Bandung Nomor 13 Tahun 2018, yaitu P2TP2A. Kedua, untuk mendeskripsikan apa saja langkah-langkah yang dilakukan oleh P2TP2A dalam menjalankan tugasnya. Ketiga untuk menganalisis perspektif siyasah dusturiyah terhadap pelaksanaan Peraturan Bupati Bandung Nomor 13 Tahun 2018 oleh P2TP2A. Penelitian ini menggunakan teori implementasi Peraturan Bupati, konsep pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan perlindungan perempuan dalamsiyasah dusturiyah untuk menjawab masalah penelitian dan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan pengumpulan data di lapangan untuk kemudian dijabarkan dalam bentuk kalimat. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yakni : Pertama, P2TP2A semenjak pandemi covid-19, hanya menjalankan tugasnya dalam penanganan dan tidak bertanggung jawab dalam pencegahan. Kedua, P2TP2A menjalankan langkah-langkah pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan sesuai dengan Peraturan Bupati Bandung Nomor 13 Tahun 2018. Ketiga, dalam pelaksanaannya P2TP2A telah memenuhi prinsip-prinsip siyasah dustriyah, namun ada beberapa tugas yang belum dijalankan sesuai dengan Peraturan Bupati Bandung Nomor 13 Tahun 2018, sehingga perlu ditinjau kembali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pencegahan; Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan; Covid-19; Siyasah Dusturiyah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: Fadhila Ulfa
Date Deposited: 14 Jan 2022 08:06
Last Modified: 14 Jan 2022 08:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47914

Actions (login required)

View Item View Item