Pengaruh manajemen pembelajaran berbasis e-Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada masa pandemi Covid-19: Penelitian pada MTs Negeri di Kabupaten Bogor

Casmat, Asy-Syifa Rizqiawati (2021) Pengaruh manajemen pembelajaran berbasis e-Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada masa pandemi Covid-19: Penelitian pada MTs Negeri di Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen pembelajaran berbasis e-learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada MTs Negeri di Kabupaten Bogor di masa pandemi Covid-19. Manajemen pembelajaran berbasis e-learning merupakan salah satu usaha untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal dengan mencerdaskan anak bangsa khususnya di masa pandemi Covid-19. Melalui pembelajaran berbasis e-learning, pendidikan dapat dilakukan dengan jarak jauh, yang akan meningkatkan salah satu kemampuan siswa yaitu kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini digunakan untuk: (1) mengetahui Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning pada masa pandemi Covid-19 pada MTs Negeri di Kabupaten Bogor; (2) Untuk mengidentifikasi Pembentukan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada masa pandemi Covid-19 pada MTs Negeri di Kabupaten Bogor; (3) Untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh antara Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada masa pandemi Covid-19 pada MTs Negeri di Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif verifikatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dengan model skala likert yang terdiri dari lima jawaban pilihan kepada 100 responden. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis indikator, uji prasayarat analisis (uji normalitas dan uji linieritas), uji hipotesis (analisis regresi linier sederhana, uji t, dan uji f), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen pembelajaran berbasis e-learning pada MTs Negeri di Kabupaten Bogor berada pada kategori tinggi dari hasil pengolahan data dari 100 responden yaitu sebesar 3,82; (2) kemampuan berpikir kritis siswa pada MTs Negeri di Kabupaten Bogor berada pada kategori tinggi dari hasil pengolahan data dari 100 responden yaitu sebesar 3,72; (3) Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung (5,619) > ttabel (1,98447), yang artinya H0 ditolak. Hasil uji f menunjukkan bahwa nilai fhitung (31,577) > ftabel (3,94), yang artinya H0 ditolak. Lalu hasil dari uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai konstanta (a) sebesar 13,852 yang artinya kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 14. Nilai koefisien regresi variabel (b) yaitu 0,601. Maksud dari angka�angka tersebut bahwa setiap penambahan 1% tingkat Manajemen Pembelajaran berbasis E-Learning (X) maka kemampuan berpikir kritis (Y) akan meningkat sebesar 0,601. Serta nilai R Square sebesar 0,244 atau yang berarti 24,4% kemampuan berpikir kritis siwa dipengaruhi oleh manajemen pembelajaran berbasis e-learning, sedangkan 75,6% nya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dengan demikian terdapat pengaruh antara manajemen pembelajaran berbasis e-learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada MTs Negeri di Kabupaten Bogor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembelajaran; E-Learning; Berpikir Kritis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asy-Syifa Rizqiawati Casmat
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:13
Last Modified: 25 Jan 2022 01:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47911

Actions (login required)

View Item View Item