Teknik khithabah Ustadz Nurfadhilah Yusuf melalui media YouTube

Hardiyansyah, Ihza (2021) Teknik khithabah Ustadz Nurfadhilah Yusuf melalui media YouTube. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan khithabah atau disebut juga dengan ceramah. Salah satu tokoh yang melakukan kegiatan khithabah menggunakan media sosial youtube adalah Ustadz Nurfadhilah Yusuf. Beliau Dalam melakukan kegiatan khithabah kepada khalayak, maka diperlukan teknik Khithabah (retorika) agar khithabah yang dilakukan dapat diterima. teknik Khithabah (retorika) menurut jalaluddin Rakhmat adalah Persuasif, yaitu proses mempengaruhi pendapat, sikap, dan tindakan seseorang. Dalam teknik persuasif khithabah (retorika) Ustadz Nurfadhilah Yusuf harus memiliki tiga konsep penting, yaitu Ethos, Pathos, dan Logos, bahwa beliau sebagai orator harus dapat dipercaya oleh audiensnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, dan menganalisis tiga konsep retorika yaitu Ethos, Pathos, dan Logos dalam Teknik Khithabah Ustadz Nurfadhilah Yusuf melalui media YouTube. Penelitian ini menggunakan Teori Retorika yang diungkapakan oleh Aristoteles Dengan asumsi bahwa retorika seni dalam mempengaruhi orang lain (the art of persuasion). Dengan menggunakan prinsip Ethos (Kredibilitas), Pathos (Emosi), dan Logos (Logis). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kemudian, teknik pengumpulan data yang diperoleh peneliti menggunakan observasi, dan dokumentasi dengan menganalisis sepuluh video ceramah Ustadz Nurfadhilah Yusuf di Akun Youtube Bang Tile El-Bahir Official. Setelah itu data-data dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan teori-teori yang ada. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa teknik khithabah Ustadz Nurfadhilah Yusuf melalui media YouTube ditinjau dari tiga prinsip retorika, yaitu: ethos, dalam kesepuluh video bahwasanya Ustadz Nurfadhilah Yusuf memiliki kompetensi dan akhlak yang baik dilihat dari tingkat pendidikan pesantren. Pathos, dalam kesepuluh video bahwasanya Ustadz Nurfadhilah Yusuf mendapatkan respon emosional pendengar melalui komentar di YouTube. dan logos, dari kesepuluh video bahwasanya Ustadz Nurfadhilah Yusuf selalu memberikan penjelasan yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits serta menganalogikannya sesuai dengan kemampuan pendengarnya, sehingga dapat memudahkan pendengar dalam memahami maksud dari penjelasan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Khithabah; Youtube; Nurfadhilah Yusuf
Subjects: Islam > Da'wah
Applied Physics > Communication Engineering
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ihza Hardiyansyah
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:10
Last Modified: 14 Jan 2022 03:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47897

Actions (login required)

View Item View Item