Analisis putusan Pengadilan Agama Medan dalam kasus Ekonomi Syariah pada produk pembiayaan murabahah: Putusan No. 1516/Pdt.G/2020/PA.Mdn dan Putusan No.27/Pdt.G/2021/PTA.Mdn

Rahmi, Rizka Ania (2021) Analisis putusan Pengadilan Agama Medan dalam kasus Ekonomi Syariah pada produk pembiayaan murabahah: Putusan No. 1516/Pdt.G/2020/PA.Mdn dan Putusan No.27/Pdt.G/2021/PTA.Mdn. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh putusan Pengadilan Agama dalam kasus ekonomi syariah pada produk pembiayaan Murabahah. Pembiayaan Murabahah adalah pembiayaan dengan menggunakan akad Murabahah, dimana pembiayaan ini merupakan jasa pembiayaan dengan bentuk transaksi jual beli secara cicilan. Pada perbankan syariah, pembiayaan Murabahah membiayai pembelian barang yang dibutuhkan oleh nasabah melalui pihak bank, dimana pihak bank sebelumnya akan membeli dari pihak ketiga, dan kemudian menjual kembali barang tersebut kepada nasabah. Pada pembiayaan Murabahah, nasabah akan membeli barang yang dijual pihak bank dan dibayar sesuai tempo waktu yang disepakati kedua belah pihak secara angsuran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertimbangan hukum hakim pada putusan perkara ekonomi syariah pada produk pembiayaan Murabahah di Pengadilan Agama Medan (No. 1516/Pdt.G/2020/PA.Mdn), Putusan Pengadilan Tinggi Agama Medan (No. 27/Pdt.G/2021/PTA.Mdn) pada Persidangan Tingkat Banding, dan untuk mengetahui analisis kritis terhadap Putusan No. 1516/Pdt.G/2020/PA.Mdn dan Putusan No. 27/Pdt.G/2021/PTA. Mdn. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini didasarkan pada ketentuan pembiayaan dengan menggunakan akad Murabahah. Prinsip-prinsip muamalah dalam praktik ini harus didasarkan atas prinsip kebebasan berkontrak, kesepakatan bersama, amanah, dan ibadah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis yuridis normatif dengan jenis data kualitatif. Adapun metode analisis yuridis normatif merupakan analisis terhadap penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar yang diteliti dengan cara mengadakan penelusuran terhadap peraturan-peraturan dan litelatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian ini menyimpulkan di antaranya: 1) Hakim pada persidangan tingkat pertama mengabulkan sebagaian gugatan secara verstek; 2) Hakim pada persidangan tingkat banding mengabulkan semua gugatan secara verstek; 3) Hakim pada tingkat banding tidak hanya berpedoman pada bukti-bukti tertulis dan Undang-Undang saja, namun telah mengaplikasikan teori hukum progresif pada pertimbangan hukum hakim dalam putusan perkara No. 27/Pdt.G/2021/PTA.Mdn, sehingga dinilai telah memutuskan dengan seadil-adilnya bagi para pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Murabahah; Pertimbangan Hukum Hakim; Putusan Pengadilan Agama.
Subjects: Law > Comparative Law
Law > General Publications of Law
Law > Legal Systems
Law > Conflict of Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Rizka Ania Rahmi
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:43
Last Modified: 19 Jan 2022 01:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47889

Actions (login required)

View Item View Item