Peran bimbingan dan konseling Sufistik terhadap problematika akademik : Studi kasus kepada santri di Pesantren Rumah Ngaji Yayasan Al-Ikhwan Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon

Anwar, Fakhziar (2022) Peran bimbingan dan konseling Sufistik terhadap problematika akademik : Studi kasus kepada santri di Pesantren Rumah Ngaji Yayasan Al-Ikhwan Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan dan konseling sufistik adalah upaya konselor untuk memberikan bantuan kepada anak didiknya agar mereka bisa memahami dirinya dan mampu untuk mengarahkan diri serta akan berperilaku dengan baik sesuai dengan ajaran agama Islam serta mampu meneladani sifat Rasulullah Saw dan para sufi. Tujuannya adalah untuk membantu individu menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapinya serta meningkatkan spiritualitas dengan latihan ibadah seperti dzikir, puasa, agar hidupnya kembali pada arah yang benar dan mempunyai sifat atau akhlak yang baik seperti Rasulullah Saw dan para sufi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profile Pesantren Rumah Ngaji Yayasan Al-Ikhwan, mengetahui penyebab problematika yang dialami santri, mengetahui program bimbingan dan konseling terhadap santri, dan terakhir untuk mengetahui hasil dari bimbingan dan konseling sufistik terhadap problematika akademik yang dilakukan kepada santri. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pesantren Rumah Ngaji Yayasan Al-Ikhwan merupakan pesantren yang berdiri secara legal pada tahun 2018, dan fokus untuk mewujudkan cita-cita anak yang ingin mendapatkan pendidikan yang layak. Hampir semua santri pesantren ini mendapatkan pendidikan formal selain pendidikan wajib di lingkungan pesantren, maka dari itu berbagai problematika akademik muncul pada masa ini. Teori behaviorisme menjelaskan bahwa masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa, maka mereka butuh role model sehingga pendekatan sufistik dalam bimbingan dan konseling yang diterapkan di pesantren ini mampu membuat santri menemukan solusi dari permasalahan akademik nya serta mempunyai tingkat spiritualitas yang tinggi sehingga diharapkan menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas secara intelektual dan mental.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling sufistik; santri remaja; problematika akademik
Subjects: Psychology > Dictionaries and Encyclopedia of Psychology
Islam > Sufi Orders
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fakhziar Anwar
Date Deposited: 14 Jan 2022 01:41
Last Modified: 14 Jan 2022 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47879

Actions (login required)

View Item View Item