Pengaruh manajemen berbasis madrasah terhadap mutu mendidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Garut

Maghfur, Abdullah (2021) Pengaruh manajemen berbasis madrasah terhadap mutu mendidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) merupakan salah satu wujud dari reformasi pendidikan yang menawarkan kepada madrasah untuk menyediakan pendidikan yang lebih baik dan memadai bagi peserta didik. Otonomi dalam manajemen merupakan potensi bagi madrasah untuk meningkatkan kinerja para staf. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Garut. Untuk Menggambarkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Garut.. Untuk Menganalisis Pengaruh antara MBM terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Garut.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode suvei dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 500 guru yang mengajar di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Garut. Adapun instrument yang digunakan yaitu angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai manajemen berbasis madrasah (MBM) dan mutu pendidikan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah 1) analisis parsial indikator, 2) validitas, 3) reabilitas, 4) normalitas, 5) analisis regresi sedehana 6) uji t-test, dan 7) koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen berbasis madrasah (MBM) di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Garut memiliki nilai rata-rata sebesar 3,5 yang termasuk dalam kategori “sedang”. Sedangkan nilai rata-rata dari mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Garut sebesar 3,8 yang termasuk dalam kartegori sangat tinggi. Terdapat pengaruh yang signifikan antara sistem informasi manajemen dengan mutu pendidikan sebesar 0,779 , dengan nilai signifikansi 0,000. Oleh karena itu sig. 0,000< 0,05 maka terdapat pengaruh antara variabel sistem manajemen (X) dan mutu pendidikan (Y) searah, dimana setiap kenaikan setaiap satusatuan variabel sistem manajemen (X) akan menyebabkan kenaikan mutu pendidikan (Y) sebesar 0,818. Sealin itu diperoleh persamaan regresi Y=16.655+0,686X.. Maka dapat diartikan bahwa pengaruh manajemen berbasis madrasah (MBM) (X) terhadap mutu pendidikan (Y) sebesar 60,7 % dan selebihnya 40,3% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Madrasah; Mutu Pendidikan
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abdullah Maghfur
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:07
Last Modified: 13 Jan 2022 05:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47869

Actions (login required)

View Item View Item