Peran pembimbing agama dalam membangun kesadaran beribadah sholat, masjid Nurul Huda Desa Sukasari Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu

Abdurrahman, Abdurrahman (2021) Peran pembimbing agama dalam membangun kesadaran beribadah sholat, masjid Nurul Huda Desa Sukasari Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Pada hakekatnya manusia diciptakan oleh Allah S.W.T untuk tujuan beribadah kepadaNya.Ibadah merupakan bentuk penghambahan manusia sebagai mahluk kepada Alloh sang pencipta.Secara garis besar dalam Islam ibadah dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu umum dan khusus.Akan tetapi dalam ajaran Islam ibadah sholat memiliki kedudukan tertinggi diantara ibadah-ibadah lainya, bahkan kedudukan terpenting tak tertandingi oleh ibadah lain. Karena ibadah sholat yang terdahulu sebagai konsekuensi iman, tidak ada syariat samawi lepas darinya.Agama diturunkan Alloh adalah untuk menjadi pedoman,bimbingan dan petunjuk bagi manusia dalam menjalani kehidupanya, agar hidup tentram, bahagia dan saling menyayangi satu sama lain. Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, tak seorang pun bisa mandiri dan lepas dari bantuan orang lain. Tidak ada orang yang sanggup menunaikan semua tugas dan kewajibanya tanpa uluran tangan pihak lain.Maka bimbingan agama diperlukan agar dalam pelaksanaan ibadah sholat dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan tuntunan yang diajarkan agama. Dalam hal ini, pembimbing agama memiliki peranan yang sangat penting sekali dalam mengarahkan, memberi jalan atau menuntun orang lain kearah yang diajarkan oleh agama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan pembimbing agama di desa sukasari dalam membangun kesadaran beribadah sholat di masjid Nurul Huda desa sukasari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualatatif dengan metode deskriptif, dengan alasan bahwa peneliti bisa lebih mendalam dan fakus menelaah persoaalan dilapangana khususnya terkait pembimbing agama desa sukasari dalam melakukan upaya himbauan ,ajakan dan edukasi kepada jamaah masjdi Nurul Huda desa Sukasari. Penelitian ini di dasarkan pada teori bimbingan dimana dimana peneliti fokus pada pemberian bantuan/bimbingan kepada para klien/jamaah masyarakat desa sukasari dalam upaya membangun kesadaran beribadah sholat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan pembimbing agama dalam membangun kesadaran masyarakat dalam hal beribadah sholat, yaitu dengan programceramah agama, bimbingan dan edukasi dan tadarus kepada klien /jamaah. Dengan adanya program ini para jamaah termotivasi sadar dan paham tentang kewajiban beribadah sholat di masjid Nurul huda desa Sukasari. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa upaya yang dilakukan oleh pembimbing agama melalui program bimbingan yang disediakan merupakan bentuk bantuan kepada klien/jamaah agar bisa dilaksanakan dengan baik dan sadar akan kewajiban beribadah sholat di masjid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: peran pembimbing agama
Subjects: Islam Umum > Majalah Agama Islam, Jurnal Agama Islam, Penerbitan-penerbitan Berkala Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Abdurrahman Abdurrahman
Date Deposited: 14 Jan 2022 08:09
Last Modified: 14 Jan 2022 08:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47864

Actions (login required)

View Item View Item