Analisis pelaksanaan Pilkada serentak pada masa pandemi Covid-19 sesuai PKPU No 6 tahun 2020 di Kab. Bandung Perspektif Siyasah Dusturiyah

Muthmainnah, Yanti (2021) Analisis pelaksanaan Pilkada serentak pada masa pandemi Covid-19 sesuai PKPU No 6 tahun 2020 di Kab. Bandung Perspektif Siyasah Dusturiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy

Abstract

Topik ini diangkat karena hadirnya fenomena baru ketika dunia dihadapkan dengan wabah yang menghadang Indonesia. WHO menyatakan keadaan ini sebagai pandemi. Sebagai Negara demokrasi, Indonesia memiliki konsekuensi untuk melaksanakan pemilihan, kondisi pandemi saat ini bertepatan dengan agenda Negara pada tahun 2020 yakni pemilihan kepala daerah serentak di berbagai wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai landasaan pelaksanaan pilkada serentak, untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh KPU Kab. Bandung dalam meningkatkan angka partisipasi masyarakat serta untuk mengetahui perspektif siyasah dusturiyah dalam pelaksanaan pilkada di tengah pandemi. Teori mengenai kedaulatan rakyat dalam sebuah Negara menempatkan kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Sebagai Negara yang menganut sistem demokrasi rakyat memegang peran termasuk dalam penilaian akan kebijakan Negara. Pemilihan umum sebagai bentuk dari prinsip demokrasi dalam proses tersebut menunjukan rakyat memegang andil dalam memilih orang yang akan menjadi pemimpin dalam sebuah Negara. KPU memiliki fungsi serta wewenang mengatur teknis dari pelaksanaan pemilihan. Metode yang dilakukan yakni deskriptif analisis yang merupakan sebuah metode yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Hasil penelitian ini menemukan kesimpulan bahwa : Pertama, landasan pelaksanaan pilkada yaitu Perppu No 2 tahun 2020 yang disahkan menjadi UU No 6 tahun 2020. Sebagai pelaksana, KPU RI mengeluarkan PKPU No 6 tahun 2020. Kedua, dalam meningkatkan angka partisipasi, strategi yang dilakukan dengan optimalisasi sosialisasi. Ada 2 metode, yakni metode langsung dan tidak langsung. Ketiga, tinjauan siyasah menekankan konsep kemaslahatan bagi masyarakat luas. Dalam kehidupan bernegara, proses pemilihan umum penting melihat maslahat yang ada yaitu terkait pembentukan kekuasaan. Kehadiran pemimpin amat penting maka agenda pemilu ini harus dilaksanakan karena berkaitan dengan hal tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pilkada 2020; Pandemi covid-19; Partisipasi Masyarakat;
Subjects: Political Ethics > Duties of The State
Political dan Government Science > Political Situation and Condition in Indonesia
System of Government and States > Democratic Government
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Yanti Muthmainnah
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:14
Last Modified: 17 Jan 2022 01:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47858

Actions (login required)

View Item View Item