Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat : Studi deskriptif di Desa Cidamar Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur

Arisandi, Deni (2021) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat : Studi deskriptif di Desa Cidamar Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1 (1).pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy

Abstract

Kesejahteraan merupakan suatu kondisi yang dicita-citakan masyarakat. ada beberapa indikator yang perlu dipenuhi untuk dapat sampai pada kondisi sejahtera. Salah satu indikator tersebut ialah kondisi ekonomi. Kondisi ekonomi masyarakat desa rata-rata tergolong dalam kategori rendah. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah pengelolaan kekayaan sumber daya alam yang belum optimal. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) hadir sebagai solusi atas permasalahan ini. BUMDes merupakan lembaga ekonomi yang dikelola oleh pemerintah desa bersama masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi potensi desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran BUMDes Mandiri dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Lebih rinci, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran BUMDes Mandiri dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, mengetahui tingkatan partisipasi masyarakat pada program BUMDes Mandiri, dan menganalisa kondisi kesejahteraan masyarakat setelah adanya BUMDes Mandiri. Teori yang digunakan merupakan teori community centered development yang diperkenalkan oleh Aprilia Theresia bahwa masyarakat harus ditempatkan sebagai pihak utama atau pusat pengembangan untuk dapat meningkatkan taraf hidupnya sendiri dengan menggunakan dan mengakses sumber daya setempat sebaik mungkin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer yang diperoleh merupakan hasil penelitian di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, dokumen, dan jurnal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara kepada pihak terkait. Selain itu, studi dokumentasi juga dilakukan dalam pengumpulan data dengan mempelajari dokumen profil dan peraturan desa. Berdasarkan hasil penelitian, BUMDes Mandiri berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peran yang diharapkan, yang diperjuangkan, dan peran memfasilitasi. Melalui program event organizer dan pengelolaan potensi wisata pantai cemara menjadi destinasi wisata oleh BUMDes Mandiri membuat masyarakat memiliki sumber pemasukan baru, mulai dari berdagang, sampai pengalih fungsian lahan menjadi parkiran dan penginapan. Adanya sumber pemasukan baru ini faktanya membuat kenaikan pendapatan pertahun masyarakat sekitar 2%. Selain itu, berdampak juga pada penambahan fasilitas keagamaan seperti masjid di wilayah sekitaran lokasi wisata. Mengacu pada fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa BUMDes Mandiri memiliki peran dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Masyarakat; Masyarakat Desa; Badan Usaha Milik Desa (BUMDes);
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Deni Arisandi
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:02
Last Modified: 13 Jan 2022 05:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47848

Actions (login required)

View Item View Item