Bimbingan menghafal al-qur'an untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mengkaji Al-Qur'an: Penelitian di Sekolah Madrasah Ibtidaiyyah Husainiyah Jl. Pamoyanan No.33 RT 03 RW 02 Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Isthiannisa, Isna (2021) Bimbingan menghafal al-qur'an untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mengkaji Al-Qur'an: Penelitian di Sekolah Madrasah Ibtidaiyyah Husainiyah Jl. Pamoyanan No.33 RT 03 RW 02 Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Mengkaii al-Qur’an akan memberikan inspirasi untuk membuat ide-ide cemerlang, tetapi tujuan pengkajian itu bukan untuk berusaha membuktikan kebenaran, tetapi sudah seharusnya seorang muslim diwajibkan untuk meyakini kebenaran dari al-Qur’an. Yaitu dengan cara memahami maksud sebuah ayat qur’an yang sebenarnya, kita akan terhindar dari pemahaman yang keliru. Kedalaman dalam mengkaji isi al-Qur’an akan mempengaruhi sikap dan perilaku kita, terutama ketika kita nenyandarkan suatu masalah, situasi, kondisi, pantauan dan jangkauan pada sebuah ayat-ayat Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Program-program, proses, dan hasil dari bimingan menghafal al-Qur’an untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mengkaji al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan teori bahwa Bimbingan Menghafal al-Qur’an yang merupakan sesuatu untuk membantu klien/ konseli dengan bantuan ustadz atau pembimbing supaya mampu mengembangkan minat atau bakat atau bahkan potensi yang dimilikinya dengan optimal agar siswa tersebut mampu untuk meningkatkan dalam menghafal al-Qur’an, memelihara al-Qur’an serta menjaga dan mengamalkan al-Qur’an itu sendiri supaya al-Qur’an itu bisa masuk kedalam ingatan dan dibaca secara berulang-ulang karena bacaan yang dipahami terus akan masuk kedalam ingatan kita dan supaya menjadi motivasi agar memudahkan siswa dalam mendalami al-Qur’an, karena motivasi itu aka nada dengan sendirinya jika dibarengi dengan ketekunan, kesabaran, keikhlasan hati untuk betul-betul memahami serta konsisten dan menjadikan diri sendiri untuk menambah wawasan dan kemampuan meski banyak hambatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif yaitu untuk memberikan gambaran secara sistematis aktual dan faktual mengenai bimbingan menghafal al-Qur’an untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mengkajiAl-Qur’an di MI Husainiyah. Adapun teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara dengan pihak-pihak yang bersangkutan seperti pembimbing dan siswa. Hasil yang didapat dari indikator setiap siswa MI Husainiyah yang meliputi 3 aspek tersebut yaitu bisa membaca ayat al-Qur’an dalam surat-surat pendek dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah Tahsin dan tajwid, aspek yang kedua mengetahui terjemahan dan untuk aspek yang selanjutnya mengetahui isi kandungan. Dapat disimpulkan dari 3 aspek tersebut bimbingan menghafal al-Qur’an untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mengkaji al-Qur’an di MI Husainiyah ini dikatakan bagus dan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Menghafal Ayat al-Qur’an; Mengkaji al-Qur’an
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Isna Isthiannisa
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:12
Last Modified: 13 Jan 2022 01:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47845

Actions (login required)

View Item View Item