Analisis peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif pada proses pembelajaran daring dan luring di masa pandemi kelas II SDN Ciririp: Penelitian deskriptif kualitatif di kelas rendah SDN Ciririp Kab.Bandung Barat

Nurlaela, Siti (2021) Analisis peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif pada proses pembelajaran daring dan luring di masa pandemi kelas II SDN Ciririp: Penelitian deskriptif kualitatif di kelas rendah SDN Ciririp Kab.Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan tentunya terdapat pendidik didalamnya dalam rangka memajukan pendidikan. Kualitas peserta didik dapat dilihat dari kualitas seorang guru. Guru merupakan peran penting dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif dalam pengajarannya. Guru harus menguasai pengetahuan dan keterampilannya dalam mengajar dan mampu menguasai berbagai peran guru yang harus dikuasai agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal dan seefektif mungkin. Namun, pada kenyataannya dalam keadaan seperti saat ini mengingat dunia mengalami wabah virus covid-19 yang sangat berdampak pada kegiatan pendidikan maka guru harus dapat memutar strategi bagaimana agar pengajaran dapat terlaksana dengan seefektif dan semaksimal mungkin walaupun dalam pelaksaannya dilakukan secara daring dan luring. Berdasarkan fenomena yang terjadi maka peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui lebih jauh bagaimana kenyataan yang sesungguhnya terhadap proses pembelajaran daring dan luring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Peran guru kelas rendah dalam menciptakan pembelajaran yang efektif pada proses pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi di kelas II SDN Ciririp Kabupaten Bandung Barat, (2) Faktor pendukung dn penghambat dalam proses pembelajaran daring dan luring di kelas II SDN Ciririp, (3) Keefektifan proses pembelajaran daring dan luring di kelas II SDN Ciririp Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Ciririp Kabupaten Bandung Barat. Subjek penelitian adalah guru kelas II, kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam proses pembelajaran daring dan luring. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Ciririp dengan subjek penelitian adalah guru kelas II dan kepala sekolah melalui observasi dan wawancara untuk mengetahui beberapa peran guru meliputi, (1) peran guru sebagai demonstator pada proses pembelajaran daring belum begitu tercermin sedangkan peran guru sebagai demonstrator pada proses pembelajaran daring sudah tercermin dengan adanya ketersediaan alat peraga pada pembelajaran; (2) Peran guru sebagai pembimbing dalam proses pembelajaran daring belum tercermin dikarenakan pembelajaran berlangsung kurang interaktif. Sedangkan pada proses pembelajaran luring sudah cukup baik; (3) Peran guru dalam pengelola kelas proses pembelajaran daring guru telah mengelola kelas dengan baik namun guru tidak begitu mengembangkan materi atau bahan ajar, sedangkan pada proses pembelajaran luring guru telah mengelola kelas dengan baik; (4) Peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaraan daring guru telah mencerminkan perannya dengan baik, sedangkan pada pembelajaran luring ini peran guru sebagai fasilitator telah tercermin; (5) Peran guru sebagai evaluator dalam proses pembelajaran daring maupun luring sudah tercermin dengan baik. Selanjutnya, mengenai faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran daring dan luring (1) Adanya bantuan dari pemerintah berupa I-Pad untuk memfasilitasi guru dalam kegiatan pembelajaran daring; (2) Pemberian dana kuota internet untuk para siswa disetiap bulan; (3) Factor pendukung dari orang tua siswa yang bekerjasama dengan sekolah. Faktor penghambat tersebut yaitu (1) Koneksi internet buruk; (2) Keterbatasan pengetahuan orang tua siswa dalam menggunakan handpone; (3) Keterbatasan dana untuk kuota internet; (4) Keterbatasan waktu pada pembelajaran luring jarunjung. Terakhir mengenai keefektifan pembelajaran daring dan luring di SDN Ciririp pembelajaran luring dipandang masih efektif dan efesien sebagai Peran Guru Kelas dalam menciptakan Pembelajaran Yang Efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Menciptakan Pembelajaran Efektif; Pembelajaran Daring dan Luring; Pandemi Covid-19.
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Nurlaela
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:49
Last Modified: 13 Jan 2022 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47839

Actions (login required)

View Item View Item