Peran Padepokan Maenpo Buana Bagaspati terhadap pembentukan karakter remaja: Studi deskriptif di Komplek Simpay Asih Kelurahan Pasir Endah Kecamatan Ujungberung Kota Bandung

Fakhira, Wafa Libna (2022) Peran Padepokan Maenpo Buana Bagaspati terhadap pembentukan karakter remaja: Studi deskriptif di Komplek Simpay Asih Kelurahan Pasir Endah Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy

Abstract

Karakter merupakan suatu hal yang melekat pada diri manusia yang meliputi watak dan mempengaruhi perilaku. Hal menarik mengenai karakter ini yakni bersangkutan dengan fenomena remaja, dimana masih adanya pemberitaan mengenai tingkah laku tak terpuji. Beberapa anak kecil dengan jenjang pendidikan sekolah dasar di Komplek Simpay Asih pun sekarang sudah berani menggunakan bahasa-bahasa kasar. Maka dari itu, diperlukannya pembentukan karakter remaja agar dapat meminimalisir kejadian yang tak terpuji itu, salah satunya melalui suatu organisasi. Peran dari organisasi ini menjadi suatu pendukung untuk mendidik anak remaja di era ini, selain dari didikan orangtua dan guru disekolah. Seperti yang dilakukan oleh Padepokan Maenpo Buana Bagaspati dalam membentuk karakter remaja di Komplek Simpay Asih. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana suatu organisasi bela diri bernama Padepokan Maenpo Buana Bagaspati dapat membentuk karakter remaja di zaman sekarang ini. Terlebih itu, program atau kegiatan apa yang mereka gunakan untuk menangani permasalahan remaja. Serta proses yang dilakukan dalam membentuk karakter remaja untuk mencapai suatu tujuan yakni menghasilkan karakter/pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Peneliti menggunakan Teori Tindakan Sosial Max Weber, yang dimana seorang individu melakukan suatu hal yang memiliki makna dan berpengaruh pada individu lain. Jenis teori tindakan sosial yang digunakan yakni rasionalitas nilai dan tindakan tradisional. Jenis rasionalitas nilai lebih bertumpu pada aktor yang menilai perilakunya memiliki manfaat atau tidak. Sedangkan tindakan trasidional, suatu kegiatan berdasarkan kebiasaan atau budaya yang ada didaerahnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan juga sekunder. Serta teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti, melalui wawancara mendalam terhadap informan dan observasi lapangan. Wawancara mendalam yakni, mempertanyakan mengenai permasalahan yang terkait dengan penelitian secara lebih lanjut kepada informan atau narasumber. Padepokan ini membentuk karakter anak remaja melalui program diantaranya bagaspati charity, kaderisasi dan lain-lain. Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan seperti ujian kenaikan tingkat dan belum terlaksanakan yakni mapag panganten. Capaian dari pembentukan karakter oleh Padepokan Maenpo Buana Bagaspati yakni sebagian besar anak remaja berkembang menjadi pribadi yang pemberani, sopan dan santun. Hasil dari penelitian ini yakni dengan adanya organisasi Padepokan Maenpo Buana Bagaspati dapat membantu meminimalisir perilaku remaja yang kurang terpuji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Padepokan; Pembentukan Karakter; Remaja
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Culture and Institutions
Education > Organization of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wafa Libna Fakhira
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:44
Last Modified: 13 Jan 2022 01:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47818

Actions (login required)

View Item View Item