Layanan Balance Offer System Tri (BOSTRI) pada operator seluler Tri ditinjau dari hukum ekonomi syariah

Islamiati, Sherly Milenia (2021) Layanan Balance Offer System Tri (BOSTRI) pada operator seluler Tri ditinjau dari hukum ekonomi syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan di bidang teknologi komunikasi membuat operator seluler berlomba-lomba untuk menarik minat pekanggan dengan berbagai layanan dan promosi yang ditawarkan. Salah satunya adalah penawaran Layanan Balance Offer System dari Tri Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan Balance Offer System baik secara prosedur layanan maupun syarat dan ketentuan yang diberlakukan, serta untuk mengetahui analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap layanan Balance Offer System. Layanan Balance Offer System merupakan layanan dari Tri Indonesia dimana jika pelanggan dalam keadaan darurat dan membutuhkan pulsa, pelanggan bisa mendapatkan pinjaman pulsa dari operator seluler dengan ketentuan pengembalian dilakukan secara otomatis saat pengisisan pulsa dan pengembalian pulsa termasuk dengan biaya administrasi dan pajak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu: sumber data primer yang berasal dari wawancara dengan pengguna layanan ini, serta sumber sekunder seperti buku, dokumen, tulisan ilmiah, dan situs web resmi Tri Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: observasi, dokumentasi, wawancara, dan kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh beberapa kesimpulan, diantaranya: 1) mekanisme pada layanan ini sudah sangat terstruktur dan sangat terbuka bagi pelanggan, pelanggan bisa dengan jelas mengetahui segala ketentuan yang berlaku pada layanan ini dan bagaimana prosedur untuk menggunakan layanan ini. 2) layanan ini tidak sesuai dengan Hukum Ekonomi Syariah karena adanya tambahan pada akad Qardh, serta adanya Gharar mengenai pengalokasian dana yang didapatkan dari biaya administrasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: qardh; muamalah; pinjam pulsa; pulsa darurat; BOSTRI
Subjects: Indonesia
Education, Research
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Sherly Milenia
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:49
Last Modified: 13 Jan 2022 05:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47816

Actions (login required)

View Item View Item