Manajemen strategis berbasis Adiwiyata dalam pengembangan mutu madrasah di Kota Bandung: Penelitian di MTs Negeri 2 Kota Bandung

Rani, Dewi (2021) Manajemen strategis berbasis Adiwiyata dalam pengembangan mutu madrasah di Kota Bandung: Penelitian di MTs Negeri 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meganalisis bagaimana manajemen strategis berbasis adiwiyata dalam pengembangan mutu madrasah di Kota Bandung, dan pertanyaan penelitian secara khusus difokuskan terhadap pola dan proses manajemen strategis yang diterapkan di MTs Negeri 2 Bandung. Urgensi masalah yang diangkat dalam judul penelitian dilatarbelakangi oleh adanya fenomena pelaksanaan manajemen madrasah adiwiyata yang secara kantinu terus berupaya mengembangkan diri dari level madrsah adiwiyata tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, tingkat nasional menuju ke adiwiyata mandiri. Penelitian dirancang dengan menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif naturalistik. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, guru yang ditugaskan sebagai ketua dan tim pelaksana adiwiyata, peserta didik, oprator adiwiyata madrasah dan ahli bidang manajemen pendidikan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi manajemen strategis berbasis adiwiyata memiliki empat komponen utama yaitu: Kebijakan Berwawasan Lingkungan, Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif, dan Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan; dan (2) Madrasah berbasis adiwiyata dalam mengembangkan mutu dikembangkan dalam empat aspek utamama yaitu: bagaimana menyusun perencanaan, bagaimana pola pelaksanaan, bagaimana pengendalian dan bagaimana mengevaluasi melalui supervisi yang diterapkan.(3) Temuan kebaruan dan originalitas penelitian menampilkan pembeda dari penelitian terdahu yaitu: pelestarian lingkungan hidup perlu di tanamkan pada generasi mendatang melalui pembelajaran integritas dan holistik, penanaman kesdaran untuk tidak melakukan kerusakan lingkungan di kembangakan melalui pendekatan islami, penanaman nilai-nilai karakter dan kearifan lokal budaya tatar pasundan. (4) Penawaran gagasan untuk proses menuju ke adiwiyata mandiri madrasah perlu menerapkan : Strategi pengembangan program adiwiyata di madrasah dengan mengedepankan mutu proses dan hasil, Rancangan program strategis menerapkan prinsip-prinsip sebagai berikut: mampu memperbaiki hasil pendidikan, membawa perubahan yang lebih baik, prioritas kebutuhan, partisipasi, keterwakilan, realitas sesuai dengan hasil analisis SWOT, berdasar pada hasil review dan evaluasi, keterpaduan secara menyeluruh, transparan, dan akuntabel. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa MTs Negeri 2 Bandung adalah madrasah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta indah. Setelah diterapkannya program adiwiyata, dan menjadi icon madarasah berprestasi disamping ditetapkannya sebagai growth center madrasah adiwiyata di Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategis; Adiwiyata; Mutu Madrasah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dewi Rani
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:41
Last Modified: 31 Jan 2022 04:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47805

Actions (login required)

View Item View Item