Konseling naratif untuk mengembangkan akhlakul karimah pada anak usia 11-12 tahun ; Penelitian di SDN Sakerta Barat Desa Sakerta Barat Kab. Kuningan

Nurazizah, Nurazizah (2022) Konseling naratif untuk mengembangkan akhlakul karimah pada anak usia 11-12 tahun ; Penelitian di SDN Sakerta Barat Desa Sakerta Barat Kab. Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebab pendidikan merupakan sarana pembentuk akhlak dan kepribadian. Akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam bertingkah laku pada kehidupan sehari-hari. Akhlak yang baik membuat seseorang tidak akan terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Pembentukan akhlakul karimah merupakan pendidikan budi pekerti yang tidak hanya berorientasi pada teori pengetahuan (cognitive) saja, tetapi juga melibatkan perasaan (feeling) dan tindakan (action). Konseling Naratif merupakan sebuah bantuan yang diberikan oleh konselor untuk membantu konseli atau siswa dalam membentuk dan mengembangkan akhlakul karimah dalam cerita-cerita diri yang lebih positif dengan mengubah sudut pandang dan persepsi yang lebih baik.sehingga siswa dapat mencontoh perilaku yang ada pada cerita tesebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk bagaimana metode dan media yang digunakan pada Konseling Naratif pada anak usia 11-12 tahun di SDN Sakerta Barat Kab. Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis fakta atau subjek penelitian secara cermat. Sedangkan Langkah-langkah penelitian antara lain, teknik pengumpulan data yang penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. telah data terkumpul maka langkah selanjutnya melakukan pengaturan, mengurutkan, mengelompokan, dan mengkategorikannya, sehingga dapat dijadikan sebuah tuntunan mengenai penelitian Metode Konseling Naratif pada anak usia 11-12 tahun di Madrasah Nurul Iman Desa Sakerta Barat Kab. Kuningan Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling naratif memiliki implementasi baik dalam mengembangkan dan membentuk akhlakul kharimah pada siswa, hal tersebut terlihat dari hasil pelaksanaan konseling naratif dengan penerapan pembelajaran konseling naratif, pembentukan akhlakul karimah peserta didik meningkat sangat pesat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Naratif; Akhlakul Kharimah; Anak
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nurazizah Nurazizah
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:33
Last Modified: 12 Jan 2022 03:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47770

Actions (login required)

View Item View Item