Manajemen program pendidikan Vocasional Madrasah Tsanawiyah inklusi : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Kota Bandung

Djuniardi, Djadjang (2021) Manajemen program pendidikan Vocasional Madrasah Tsanawiyah inklusi : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana manajemen perencanaan, pengendalian, dan peningkatan mutu pendidikan inklusi berbasis vokasi yang dilaksanakan di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung. Pertanyaan penelitian secara khusus difokuskan pada pola dan proses manajemen mutu yang diterapkan di MTs Miftahul Huda Kota Bandung. Urgensi masalah yang diangkat dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena pelaksanaan Manajemen Program Pendidikan Inklusi yang secara kantinu terus berupaya mengembangkan pelayanan nya terhadap peserta didik dengan menambah menu kurikulum yang berbasis vokasi. Penelitian dirancang dengan menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif naturalistik. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, ketua gugus, fisiater, guru yang ditugaskan sebagai guru pendaming dan tim pelaksana teknis layanan peserta didik, oprator madrasah dan para pembimbing tesis ahli bidang manajemen Pendidikan. Perolehan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen program pendidikan inklusi di MTs Miftahul Huda Kota Bandung. Terkait dengan perencanaan diawali dari pola penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus melalui jalur inklusi yang dilaksanakan dengan merujuk pada mekanisme dan persyaratan pendaftaran yang tertuang dalam pedoman penyelenggaraan penerimaan peserta didik Kota Bandung.(2) Manajemen program pendidikan inklusi di MTs Miftahul Huda Kota Bandung. Terkait dengan pengendalian mutu pihak sekolah mengadakan rekuitmen dan seleksi GPK dengan latar belakang pendidikan luar biasa. Pembagian tugas guru pembimbing khusus berdasarkan kesepakatan dan koordinasi antara guru pembimbing khusus dengan tim pendidikan inkluisi (3) Manajemen program pendidikan inklusi di MTs Miftahul Huda Kota Bandung. Terkait dengan upaya peningkatan mutu dimulai dari penyesuaian kurikulum hingga melengkapi fasilitas pembelajaran melalui analisis kebutuhan layan peserta didik. Penawaran gagasan berdasarkan hasil analisis penelitian : Bahwa MTs Miftahul Huda Kota Bandung. Perlu menerapkan Strategi pengembangan program innovative madrasah dengan mengedepankan mutu proses dan hasil, Rancangan program diseting dengan prinsip-prinsip sebagai berikut: mampu memperbaiki hasil pendidikan, membawa perubahan yang lebih baik, prioritas kebutuhan, partisipasi, keterwakilan, realitas sesuai dengan hasil analisis SWOT, berdasar pada hasil review dan evaluasi, keterpaduan secara menyeluruh, transparan, dan akuntabel. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa MTs Miftahul Huda Kota Bandung adalah madrasah yang peduli terhadap kebutuhan stakeholder, menuju ke pola manajemen modern dalam dunia pendidikan global hingga perlu menselaraskan untuk ketercapaian visi dan misinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi; Mutu Pendidikan; dan Vokasional
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Djadjang Djuniardi
Date Deposited: 12 Jan 2022 05:06
Last Modified: 12 Jan 2022 05:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47745

Actions (login required)

View Item View Item