Sejarah dan kontribusi pusat penelitian Teh dan Kina Gambung terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Desa Mekarsari Pasirjambu Kab.Bandung (1973 – 1996)

Lathifah, Rifa Adhiya (2021) Sejarah dan kontribusi pusat penelitian Teh dan Kina Gambung terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Desa Mekarsari Pasirjambu Kab.Bandung (1973 – 1996). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung merupakan lembaga penelitian milik pemerintah yang bergerak di bidang penelitian teh dan kina.Sejarah berdirinya tidak lepas dari perkembangan perkebunan di Indonesia sejak zaman kolonialisme, karena itu guna meningkatkan mutu kualitas hasil perkebunan teh, maka didirikanlah balai – balai perkebunan. Penelitian ini merupakan penelitian mengenai “Sejarah dan Kontribusi Pusat Penelitian Teh dan Kina Gambung terhadap Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Desa Mekarsari Pasirjambu Kab.Bandung (1973 – 1996)” dengan rumusan masalah : bagaimana sejarah berdirinya PPTK Gambung dankontribusinya terhadap masyarakat sekitar dalam aspek kehidupan sosial dan ekonomi. Tujuannya untuk membahas mengenai sejarah PPTK Gambung serta kontribusinya dalam bidang sosial dan ekonomi masyarakat setempat. Tahapan penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah ; heuristik, merupakan pengumpulan sumber terkait yang akan diteliti, kritik, bertujuan untuk memeriksa keontetikan atau keabsahan sumber yang didapat, interpretasi, penafsiran dari sumber tersebut dan historiografi adalah penulisan atau pemaparan hasil penelitian berdasarkan sumber sejarah yang telah diidentifikasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Pertama,sejarahPPTK Gambung ini berawal dari balai, yaitu Balai Penelitian Teh dan Kina Gambung (BPTK) yang berada di bawah naungan Departemen Pertanian. Kedua, kontribusi PPTKGambung terhadap kehidupan sosial masyarakat Desa Mekarsari yaitu di bidang pendidikan, kesehatan dan transportasi, serta pada kehidupan ekonomi masyarakat Desa Mekarsari yaitu di bidang lapangan perkerjaan; meningkatnya pendapatan penghasilan, di bidang pertanian dan bidang perternakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pusat Penelitian Teh dan Kina Gambung; Sosial; Ekonomi
Subjects: Education, Research
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Culture and Institutions
Culture and Institutions > Economic Institutions
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rifa Adhiya Lathifah
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:38
Last Modified: 11 Jan 2022 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47739

Actions (login required)

View Item View Item