Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Jasa Marga (Persero). Tbk periode 2009-2018

Fauzi, Ryan Rizky A (2021) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Jasa Marga (Persero). Tbk periode 2009-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Jasa Marga (Persero), Tbk periode 2009-2018. Total Asset Turnover (TATO) merupakan rasio aktivitas yang mengukur perputaran seluruh asset perusahaan. Sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) merupakan rasio solvabilitas yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjangnya. Asset menjadi bagian paling penting dalam menjalankan operasional perusahaan. Jika asset mampu berputar dengan baik, dalam artian dapat digunakan dengan efisien maka akan meningkatkan laba yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) terhadap Return On Equity (ROE) secara parsial; 2) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) secara parsial; 3) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) secara simultan. PT. Jasa Marga (Persero), Tbk Periode 2009-2018. Kerangka pemikiran menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE). Namun Return On Equity (ROE) juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan data penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Periode 2009-2018. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji statistitik dan uji F. Hasil penelitian menunjukan Total Asset Turnover (TATO) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (2,776>2,306). Hasil dari Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dibuktikan dengan hasil t hitung < t tabel (-2,688 < 2,306). Hasil simultan Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dibuktikan dengan t hitung < t tabel (3,414 < 4,74).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turnover (TATO); Debt to Equity Ratio (DER); Return On Equity (ROE)
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ryan Rizky A Fauzi
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:06
Last Modified: 11 Jan 2022 07:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47735

Actions (login required)

View Item View Item