Dampak pengembangan pariwisata terhadap keberdayaan masyarakat : Studi deskriptif di Pantai Cemara Cipanglay Desa Cidamar Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur

Dwiyanti, Asri Fitria (2021) Dampak pengembangan pariwisata terhadap keberdayaan masyarakat : Studi deskriptif di Pantai Cemara Cipanglay Desa Cidamar Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan pariwisata merupakan upaya untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam dan sumberdaya lokal yang terdapat di Pantai Cemara Cipanglay. Pada mulanya pantai tersebut tidak produktif, apabila dikembangkan menjadi daerah pariwisata maka dipastikan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi kemandirian masyarakat untuk mengelola sumberdaya lokal tersebut, hal tersebut terjadi karena adanya kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat. Pengembangan sektor pariwisata bukan tanpa resiko, sebab setiap proses pengembangan memiliki dampak positif maupun dampak negatif terhadap masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui (1) Strategi pengembangan pariwisata di Pantai Cemara Cipanglay terhadap keberdayaan masyarakat (2) Proses pengembangan pariwisata di Pantai Cemara Cipanglay (3) Dampak pengembangan pariwisata di Pantai Cemara Cipanglay terhadap keberdayaan masyarakat. Teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan masyarakat yang diperkenalkan oleh Jim Ife (2005) bahwa melalui sumberdaya lokal dapat menghindarkan masyarakat dari ketergantungan “pihak luar”. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT menurut Fredy Rangkuti bahwa analisis SWOT ini merupakan identifikasi beragam faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi. Analisis yang digunakan yaitu didasarkan pada hubungan atau interaksi antara faktor internal terhadap faktor eksternal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari adanya pemanfaatan sumberdaya lokal melalui pengembangan pariwisata di Pantai Cemara Cipanglay yaitu adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pengembangan pariwisata yang didasarkan pada kesadaran masyarakat untuk melakukan perubahan. Peningkatan keberdayaan masyarakat di Desa Cidamar dapat dilihat dari aspek pemanfaatan lahan yang mulai optimal, hal tersebut digunakan untuk membangun sarana dan prasarana serta kepentingan pengembangan pariwisata, lahan milik pribadi pun turut dimanfaatkan untuk membuka peluang usaha wisata seperti pembangunan kios, pembangunan penginapan serta sebagai lahan parkir wisata sehingga pemasukan masyarakat mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dampak; Pengembangan Pariwisata; Sumberdaya Lokal;
Subjects: Communities > Community Sociology
Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Asri Fitria Dwiyanti
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:17
Last Modified: 11 Jan 2022 03:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47732

Actions (login required)

View Item View Item