Meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui metode tanpa mengeja : Penelitian tindakan kelas di kelompok B RA Atta’awun Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut

Ummah, Khofifah Khoirul (2021) Meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui metode tanpa mengeja : Penelitian tindakan kelas di kelompok B RA Atta’awun Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini ditulis karena penemuan masalah mengenai kemampuan membaca awal anak usia dini yang masih dalam kategori rendah. Sebagian besar anak masih belum mampu membaca dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal yang diantaranya : 1) kemampuan membaca anak sebelum diterapkan metode membaca tanpa mengeja, 2) proses penerapan metode membaca tanpa mengeja untuk meningkatkan kemampuan membaca anak dan juga 3) hasil dari penerapan metode membaca tanpa mengeja pada anak di kelompok B RA Atta’awun Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa metode membaca tanpa mengeja dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. Metode membaca tanpa mengeja memiliki perbedaan dari metode lainnya yaitu dalam metode ini anak diajarkan membaca langsung dari suku kata menjadi kata dengan cara mengulang-ulang pembelajaran secara bertahap. Adapun metode yang digunakan dalam penilitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk siklus dan setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan hasil kemampuan membaca anak sebelum diterapkan metode membaca tanpa mengeja dengan kriteria belum berkembang (BB). Dalam proses penerapan metode membaca tanpa mengeja mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, baik aktivitas anak maupun aktivitas guru. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode membaca tanpa mengeja terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca anak di kelompok B RA Atta’awun Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca; anak usia dini; metode tanpa mengeja
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Khofifah Khoirul Ummah
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:43
Last Modified: 25 Jan 2022 07:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47718

Actions (login required)

View Item View Item