Peran pemuda PERSIS dalam peningkatan religiusitas masyarakat Rancaekek : Tinjauan Tterhadap masyarakat Kampung Cikijing Desa Linggar Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Solehah, Ina Aina Siti (2021) Peran pemuda PERSIS dalam peningkatan religiusitas masyarakat Rancaekek : Tinjauan Tterhadap masyarakat Kampung Cikijing Desa Linggar Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (294kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (352kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena melihat anak muda masa kini dengan perkembangan zaman dan pertumbuhan teknologi sangat pesat maka tertarik untuk membahas bagaimana peran pemuda dalam mengadakan suatu gerakan terutama dalam sisi keagamaan. Sehingga pemuda persis dapat menjadi objek dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran pemuda persis dalam peningkatan religiusitas masyarakat terutama di Rancaekek. Kedudukan pemuda persis tidak semata-mata posisi tersebut diberikan begitu saja oleh masyarakat. Akan tetapi sebuah lembaga tidak terlepas pada seseorang yang memegang peran. Sehingga pada penelitian ini mengacu pada teori Talcott Parson tentang “fungsional struktural” yakni AGIL dan juga peningkatan religiusitas menurut Glock & Strak. Manusia sebagai pelaku utama yang memiliki goal attainmen diamana tujuan harus dicapai dengan memalui tindakan interaksi sosial dan integrasi yang dilakukan tersebut harus sesuai dengan aturan yang telah disepakti dan dapat mempertahankan dari dorongan-dorongan luar untuk mencapai tujuan. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui upaya pemuda persis dalam mewujudkan perannya terhadap masyarakat untuk meningkatkan religiusitas dan kendala-kendala yang dihadapi oleh pemuda dalam menjalankan perannya tersebut. Adapun, metode penelitian yang digunakan ialah menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini ialah ketua serta pengurus pemuda persis, anggota pemuda persis, dan masyarakat sekitar Kampung Cikijing Desa Linggar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran pemuda persis yang merupakan salah satu lembaga otonom ini dalam perannya terdapat goal dimana dalam orientasinya pemuda memberikan wawasan keagamaan, mempererat tali silaturahmi, dan memiliki pengaruh atau dampak yang baik bagi masyarakat sekitar dan selain itu pemuda persis turut aktif dalam membantu masyarakat yang terkena musibah (bencana). Adapun dalam menjalankan peranannya pemuda persis PC Rancaekek tentumya menghadapi sebuah kendala dimana hal tersebut pemuda perlu menjaga integrasinya dan mempertahankannya eksistensinya, seperti kendala yang dihadapinya ialah kurangnya follow up kepada anggota dan hambatan karena pandemic virus corona 19 (covid-19).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: peran; pemuda persis; peningkatan religiusitas
Subjects: Communities
Communities > Movement of People to, from, within Communities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Ina Aina Siti Solehah
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:29
Last Modified: 10 Jan 2022 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47614

Actions (login required)

View Item View Item