Bimbingan Islami melalui terapi ayat-ayat Al Qur'an untuk membantu penyembuhan penyakit psikis : Studi deskriptif di Rumah Terapi Herbal Komp. Panghegar Permai No. 18 Kel. Cipadung Kulon Kec. Panyileukan Kota Bandung

Sabari, Aulia Rahmi (2021) Bimbingan Islami melalui terapi ayat-ayat Al Qur'an untuk membantu penyembuhan penyakit psikis : Studi deskriptif di Rumah Terapi Herbal Komp. Panghegar Permai No. 18 Kel. Cipadung Kulon Kec. Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penderita penyakit psikis di Indonesia yang sangat signifikan mengalami peningkatan pada masa pandemi Covid-19. Berdasarkan RIKESDAS dari 1.552 responden menunjukkan sebanyak 63% responden mengalami cemas dan 66% responden mengalami depresi. Dalam hal ini banyak masyarakat yang melakukan penyembuhan dengan menggunakan terapi ayat-ayat al qur’an. Salah satunya yakni di Rumah Terapi Herbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi umum kesehatan psikis klien Rumah Terapi Herbal, program bimbingan Islami, proses bimbingan Islami, dan hasil Bimbingan Islami untuk membantu Penyembuhan Penyakit Psikis di Rumah Terapi Herbal kota Bandung. Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran bahwa bimbingan Islami berfungsi sebagai pencegah timbulnya suatu persoalan, menanggulangi persoalan individu, serta memelihara keadaan menjadi lebih baik lagi. Bimbingan Islami di Rumah Terapi Herbal dilakukan oleh seorang pembimbing dengan menggunakan terapi ayat-ayat syifa sebagai media penyembuhan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program bimbingan Islami melalui terapi ayat-ayat al qur’an di Rumah Terapi Herbal memiliki (a) landasan; (b) tujuan; (c) metode; (d) media; (e) pelaksana; (f) materi; (g) sasaran; (h) jenis kegiatan bimbingan Islami berupa Bimbingan Individu dan Bimbingan Keluarga. Serta bimbingan Islami yang dilakukan melalui tiga tahapan yakni: (a) tahap awal, (b) tahap treatment dan (c) tahap akhir. Hasil dari bimbingan Islami melalui terapi ayat-ayat al qur’an Hasil Bimbingan Islami melalui terapi ayat-ayat al qur’an yang telah dilakukan di Rumah terapi Herbal memiliki pengaruh positif bagi perkembangan kesehatan psikis para klien. Hal ini telah sesuai dengan tujuan bimbingan Islami yang dilakukan di Rumah Terapi Herbal yakni individu dapat memahami diri sendiri dan persoalan yang dialami, serta membentuk hamba yang dapat meningkatkan ketaatannya pada Allah SWT dan selalu menjadi hamba yang mendekatkan diri kepada Allah. Sehingga selalu melibatkan Allah sekalipun dalam keadaan sakit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami; Terapi Ayat-Ayat Al Qur’an; Penyakit Psikis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Pharmacology and Therapeutics
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Aulia Rahmi Sabari
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:02
Last Modified: 12 Jan 2022 03:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47609

Actions (login required)

View Item View Item