Dinamika sosial ekonomi masyarakat desa melalui program bantuan langsung tunai dana desa pada masa pandemi Covid-19 : Penelitian di Desa Talagamulya Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang

Andini, Siti Nova (2021) Dinamika sosial ekonomi masyarakat desa melalui program bantuan langsung tunai dana desa pada masa pandemi Covid-19 : Penelitian di Desa Talagamulya Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pertambahan angka penduduk miskin dan hilangnya mata pencaharian yang disebabkan oleh datangnya Pandemi Covid-19. Sehingga membuat rendah sosial ekonomi dan menurunnya kesejahteraan masyarakat. Namun semua terlihat berbeda pasca penyaluran bantuan sosial dari program Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Bagaimana perubahan sosial ekonomi masyarakat penerima pasca penyaluran bantuan program Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa di masa pandemi Covid-19, 2. Apa upaya masyarakat penerima dalam menanggulangi darurat sosial ekonomi dengan adanya penyaluran program BLT-DD pada masa pandemi Covid-19 dan 3. Apa saja faktor pendukung dan penghambat perubahan sosial ekonomi masyarakat penerima dengan adanya penyaluran program Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan teori Kesejahteraan Sosial yang dikemukakan oleh Suharto yang menunjukkan bahwa adanya aktivitas terorganisir ciptaan suatu lembaga atau pemerintah yang bertujuan untuk mengatasi atau memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah sosial, dan peningkatan kualitas hidup individu. Dengan memberikan suatu bantuan dalam hal perekonomian kepada orang yang membutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar atau diartikan sebagai bantuan sosial yang diperuntukkan bagi keluarga miskin dan mengarah kepada upaya dalam membantu perekonomian berubah ke arah yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian dari data primer dan data sekunder. Data-data dalam penelitian ini diambil melalui observasi, dimana peneliti mengamati dan terjun dalam kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa juga berada di sekitar lokasi penelitian, wawancara dan kajian pustaka, menelaah data-data terdahulu ataupun yang ditemukan dalam proses melakukan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak akibat adanya Pandemi Covid-19 membuat masyarakat dalam kondisi perekonomian yang rendah. Adanya penyaluran program BLT-DD membuat perubahan yang cukup terlihat namun tidak signifikan dari segi sosial ekonomi masyarakat penerima. Upaya masyarakat penerima dengan membuka usaha kecil, menambah modal usaha, dan memenuhi keperluan prioritas. Adanya dukungan pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan pelaksanaan program BLT-DD menjadi faktor utama pendukung akan perubahan sosial ekonomi dalam kesejahteraan masyarakat penerima. serta ketidakmampuan dan keterbatasan bagi masyarakat penerima dalam perekonomian dan penunjang sosial dengan begitu masyarakat menjadi pribadi mengandalkan, merupakan faktor penghambat dari perubahan sosial ekonomi masyarakat penerima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial Ekonomi; Kesejahteraan; BLT-DD; Covid-19;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Process
Communities
Specific Field of Public Administration
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Siti Nova Andini
Date Deposited: 11 Jan 2022 05:46
Last Modified: 11 Jan 2022 05:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47556

Actions (login required)

View Item View Item