Peran pemerintah kelurahan dalam penerapan fisiplin protokol kesehatan masyarakat : Studi di kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik Kota Bandung

Dwiyanti, Shintia (2021) Peran pemerintah kelurahan dalam penerapan fisiplin protokol kesehatan masyarakat : Studi di kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Virus Corona (COVID-19) yang telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat harus segera diatasi. Peran pemerintah Kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik Kota Bandung telah berupaya semaksimal mungkin dalam mengatasi penyebaran virus yang berbahaya ini. Salah satu upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona adalah melalui program penerapan protokol kesehatan 5M. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan protokol kesehatan, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan protokol kesehatan, serta program kelurahan dalam mencegah penyebaran wabah Virus Corona di lingkungan Kelurahan Cisaranten Bina Harapan. Pada penelitian ini Peneliti menggunakan Teori Perubahan Sosial Gillin dan Gillin, yang mana perubahan sosial adalah suatu perubahan bentuk hidup yang sudah diterima karena terjadi sebuah perubahan pada kondisi geografis, ideologi, komposisi penduduk, kebudayaan, dan adanya difusi ataupun discovery (penemuan baru) yang telah terjadi dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder, seperti melalui wawancara mendalam pada informan, hasil observasi lapangan, dokumentasi dan arsip. Hasil dari penelitian ini menghasilkan simpulan bahwasanya tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan di Kelurahan Cisaranten Bina Harapan masih cukup rendah. Terdapat berbagai faktor pendorong dan faktor penghambat yang melatar belakangi penerapan protokol kesehatan masyarakat. Pemerintah kelurahan telah menjalankan perannya untuk mencegah dan mengatasi penyebaran Virus Corona, melalui program posko COVID-19, penyemprotan disinfektan, sosialisasi dan edukasi terkait protokol kesehatan pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pemerintah Kelurahan; Wabah Virus Corona (COVID-19); Protokol Kesehatan
Subjects: Relationship of Libraries > Relationships with Government
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Diseases
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Shintia Dwiyanti
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:15
Last Modified: 06 Jan 2022 06:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47535

Actions (login required)

View Item View Item