Pengaruh pemahaman materi akidah akhlak terhadap perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari : Penelitian pada siswa kelas XI MA YPIA Cikeris Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta

Nurjanah, Nurjanah (2021) Pengaruh pemahaman materi akidah akhlak terhadap perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari : Penelitian pada siswa kelas XI MA YPIA Cikeris Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 .pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di MA YPIA Cikeris. Peneliti mendapat informasi dari guru Akidah Akhlak bahwasanya 80% dari 101 siswa telah mampu memahami materi Akidah Akhlak dengan ditunjukan nilai hasil ulangan mereka berada di atas KKM. Akan tetapi seorang siswa yang memiliki nilai yang baik belum tentu memiliki perilaku yang baik pula karena masih ditemukan perilaku siswa yang kurang baik khususnya perilaku yang mendasar yang seharusnya terbiasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, mengingat usia tingkat pendidikan Madrasah Aliyah adalah usia dimana sudah memasuki masa dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman materi akidah akhlak siswa, perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari serta ada atau tidaknya pengaruh pemahaman materi akidah akhlak terhadap perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari. Berakar dari pemikiran yang menyatakan bahwa pemahaman materi akidah akhlak memiliki pengaruh terhadap perilaku siswa. Karena semakin siswa paham terhadap nilai-nilai akhlak maka akan semakin paham pula bagaimana siswa mengonsep, menelaah dan mengaplikasikan materi akidah tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diduga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman materi akidah akhlak terhadap perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari. Artinya semakin siswa memiliki pemahaman materi akidah akhlak yang tinggi maka akan memiliki perilaku yang baik pula dengan ditunjukan dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian ini menggunakan metode assosiatif korelatif dengan menetapkan responden dari populasi siswa kelas XI MA YPIA Cikeris yang berjumlah 101 siswa. Adapun yang dijadikan sampel mengambil 30% dari jumlah populasi yakni 30 siswa. teknik pengumpul datanya adalah tes, angket observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan logika dan kuantitatif dengan pendekatan statistika. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa : 1) realita pemahaman materi akidah akhlak siswa termasuk dalam kategori sangat baik hal ini ditunjukan dengan perolehan skor 81.03 yang berada di interval 80-100. 2) realita perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam kategori tinggi hal ini ditunjukan dengan perolehan skor 4.16 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Pengaruh antara keduanya menunjukan : a) koefesien korelasi antara variabel X dan Y termasuk kategori sedang berdasarkan skor 0.42 yang berada di interval 0,40 – 0,59. b) hipotesis yang diajukan diterima. Artinya terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan antara pemahaman materi akidah dengan perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini berdasarkan perhitungan thitung 2.44 > ttabel 0.361. dan 3) tingkat hubungan antara varibel X dan Y adalah sebesar 10% dan sisanya 10% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak;Perilaku
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurjanah Nurjanah
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:50
Last Modified: 05 Jan 2022 06:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47495

Actions (login required)

View Item View Item