Metode menghafal Al Quran : Studi komparasi pondok pesantren Azzakiyyatusholihah Majalengka dan Pondok Pesantren Santi Asromo Majalengka

Amanah, Tsamroh Roudhotul (2021) Metode menghafal Al Quran : Studi komparasi pondok pesantren Azzakiyyatusholihah Majalengka dan Pondok Pesantren Santi Asromo Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Alquran menurut bahasa berarti “bacaan”. Alquran adalah kitab yang di turunkan kepada Nabi Muhammad saw. untuk di amalkan dan sebagai pendoman hidup bagi umat islam.Sebagai umat Islam sudah semestinya kita mengamlkan alquran, salah satnya dengan menghafalkan ayat-ayat alquran yang disebut juga dengan tahfidz alquran. Dalam menghafal alquran biasanya santri di pondok pesantren menggunakan beberapa metode, dari bayaknya metode yang digunakan biasanya setiap santri berbeda dalam mengunakan metode untuk menghafalnya sesuai dengan kemampuan dirinya masing-masing. Rumusan masalah yang peneliti ambil yaitu sebagai berikut: (1) Bagaimana metode menghafal alquran di Pondok Pesantren Azzakiyyatusholihah dan Pondok Pesantren Santi Asromo? (2) Apakah persamaan dan perbedaan metode menghafal alquran di Pondok Pesantren Azzakiyyatusholihah dan Pondok Pesantren Santi Asromo?. Jenis data yang di kumpulkan peneliti yaitu bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Wawancara itu peneliti lakukan kepada pihak pimpinan pondok, pembimbing tahfidz dan santri yang mengikuti kelas tahfidz alquran di Pondok Pesantren Azzakiyyatusholihah Majalengka dan Pondok Pesantren Santi Asromo Majalengka. Hasil dari temuan peneliti yaitu: (1) Metode yang di gunakan di Pondok Pesantren Azzakiyyatusholihah yaitu metode talaqqi, memperbanyak membaca Alquran sebelum menghafal, metode takrir, dan juga metode sima’an ke sesame teman. Dan yang di gunakan di Pondok Pesantren Santi Asromo ialah metode memperbanyak membaca Alquran sebelum menghafal, metode takrir, dan juga metode ayat per ayat (wahdah). (2) Persamaan metode menghafal Alquran di Pondok Pesantren Azzakiyyatusholihah dan Pondok Pesantren Santi Asromo yaitu keduanya tidak di terapkan metode khusus, akan tetapi metode yang sama yang di gunakan di keduanya ialah metode memperbanyak membaca Alquran sebelum menghafal, dan metode takrir. (3) Perbedaan metode di dua Pondok Pesantren yang di teliti ialah, di Pondok Pesantren Azzakiyyatusholihah salah satu metodenya menggunakan metode talaqqi yang tidak di terapkan di Pondok Pesantren Santi Asromo, dan juga di Pondok Pesantren Santi Asromo menggunakan metode ayat per ayat (wahdah) yang tidak di terapkan di Pondok Pesantren Azzakiyyatusholihah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Menghafal Alquran
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Tsamroh Roudhotul Amanah
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:55
Last Modified: 05 Jan 2022 06:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47494

Actions (login required)

View Item View Item