Peran masyarakat melalui Ekowisata Curug Cileat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat : Penelitian di Kampung Cibago Desa Mayang Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang

Nugraha, Rijaludin (2021) Peran masyarakat melalui Ekowisata Curug Cileat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat : Penelitian di Kampung Cibago Desa Mayang Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy

Abstract

Ekowisata merupakan konsep dari pengembangan masyarakat berbasis ekosistem. Dalam otonomi daerah, yang memiliki pengelolaan aset-aset maupun potensi sumberdaya yang dimiliki menjadi titik tolak bagi kepentingan pembangunan ekonomi. Oleh sebab itu, sebuah daerah perlu memperhatikan sektor-sektor strategis yang dimiliki untuk menopang daerahnya. Dalam hal ini salah satu daerah yang memiliki sektor pariwisata strategis adalah Kabupaten Subang, yang salah satunya adalah wisata curug cileat yang berada di kampung Cibago Desa Mayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh wisata curug cileat terhadap pendapatan ekonomi masyarakat di wilayah kampung Cibago yang dilihat dari peran masyarakat, tatakelola wisata dan hasil yang dicapai dari pengembangan wisata curug cileat. Penelitian ini menggunakan teori peran menurut poerwadaria dimana beliau mengatakan bahwa peran ialah tindakan yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang dalam suatu peristiwa. Dan yang kedua menggunakan teori ekowisata menurut David Bruce W. Yang mengatakan bahwa dalam wisata berbasis alam ini merupakan salah satu upaya pelestarian ekologis, sosial budaya dan ekonomi. Metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif. Dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung ke tempat wisata curug cileat, wawancara terhadap 20 responden dan dokumentasi lapangan. Berdasarkan hasil penilitan menunjukan bahwa : pertama, masyarakat berperan cukup besar dalam membangun dan menjaga ekowisata curug cileat, masyarakat terlibat hampir diseluruh sektor yang ada. Kedua, pengelolaan curug cileat saat ini masih dikoordinir oleh pihak perhutani yang di mandatkan kepada Pak Mantri Amartajudin selaku RPH (Resort Pemangku Hutan). Ketiga, keberhasilan dalam menjaga dan mengembangkan ekowisata curug cileat sejauh ini semakin membaik yang diukur dari beberapa faktor, seperti meningkatnya jumlah wisatawan, meningkatnya pendapatan masyarakat dan taraf perekonomian masyarakat membaik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: peran;masyarakat;ekowisata;ekonomi;curug;cileat
Subjects: Social Process
Social Process > Social Change
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rijaludin Nugraha
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:03
Last Modified: 10 Jan 2022 02:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47421

Actions (login required)

View Item View Item