Efektivitas pelayanan sistem informasi manajemen dan akuntansi barang milik negara di Kementerian Agama Kabupaten Bandung

Bahtiar, Umar (2021) Efektivitas pelayanan sistem informasi manajemen dan akuntansi barang milik negara di Kementerian Agama Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Pengadaan pemerintahan yang efektif dan efisien membutuhkan sarana dan prasarana yang baik dan teratur, salah satu usaha pemerintah untuk mewujudkan peemerintahan yang efektif adalah dengan mengelola keuangan dengan transparan dan akuntabel, untuk hal tersebut pemerintah membuat aplikasi Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara. Namun dalam pelaksanaannya di Kementerian Kabupaten Bandung masih terjadi beberapa masalah, berdasarkan hasil observasi yang dihasilkan peneliti menemukan beberapa masalah yang terjadi yakni, operator sering salah input, terlalu banyak menu, operator harus meyesuaikan data dengan aplikasi lain, terlalu banyaknya kode barang, aplikasi sering not responding, tidak ada notifikasi update dan tidak bias menghapus data barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas SIMAK-BMN di Kementerian Agama Kabupaten Bandung. Penelitian ini terdiri dari satu variable yaitu efektivitas sebagai variable tunggal, peneliti menggunakan teori keberhasilan sistem yang dikemukakan oleh DeLone dan McLean, yaitu kualitas informasi, kepuasan pengguna, penggunaan, dampak individual dan dampak organisasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah pegawai Sub Bagian Keuangan di Kementerian Agama Kabupaten Bandung. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis menurut Miles dan Huberman, dimana terdapat empat tahap yaitu, pengumpulan data, represntasi data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Selain itu, peneliti juga menggunakan triangulasi, triangulasi yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi data. Berdasarkan hasil penilitian, SIMAK-BMN di Kementerian Agama Kabupaten Bandung sudah berjalan cukup efektif. Meskipun masih terdapat beberapa masalah yakni, operator sering salah ketik, data tidak terlalu akurat dengan yang aslinya, fitur yang ada belum lengkap atau masih banyak kekurangan dan aplikasi masih serring error. Maka dari itu, agar aplikasi SIMAK-BMN berjalan lebih efektif lagi pegawai selaku sebagai operator harus lebih teliti dalam proses penginputan data dan pemerintah juga harus terus memperbaiki aplikasi agar lebih mudah digunakan oleh operator dan mengurangi terjadi nya error.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; SIMAK-BMN; Barang Milik Negara
Subjects: Public Finance
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Umar Bahtiar
Date Deposited: 04 Jan 2022 05:26
Last Modified: 04 Jan 2022 05:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47406

Actions (login required)

View Item View Item