Sikap siswa terhadap penggunaan media pembelajaran google Classroom dan hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI materi meraih kasih Allah dengan Ihsan

Jannah, Rinrin Roudotul (2021) Sikap siswa terhadap penggunaan media pembelajaran google Classroom dan hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI materi meraih kasih Allah dengan Ihsan. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aplikasi Google Classroom yang digunakan sebagai aplikasi juga media belajar digital yang penggunaanya dalam proses pembelajaran PAI belum maksimal meningkatkan kemandirian serta hasil belajar dalam ranah kognitif siswa. Sehingga siswa cukup mendapat kendala dalam membuka link atau web untuk mendapatkan materi maupun latihan soal. Tidak hanya itu, siswa juga dituntut untuk mencari bahan belajar secara mandiri, sehingga membutuhkan daya literasi yang baikdari berbagai macam sumber.. Dalam hasil belajar pun sampai saat ini belum mendapatkan keseimbangan dengan naik turunnya hasil belajar tiap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Sikap siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Google Classroom 2) Hasil Belajar Kognitif siswa pada mata pelajaran PAI materi kerja keras serta tanggung jawab. 3) Hubungan antara sikap siswa pada pengunaan media pembelajaran Google Classroom dengan Hasil Belajar kognitif mereka terhadap mata pelajaran PAI materi Kerja Keras dan Tanggung Jawab. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa hasil belajar kognitif mereka terhadap mata pelajaran PAI materi meraih kasih Allah dengan Ihsan factor salah satunya adalah sikap peserta didik pada penggunaan media pembelajaran google classroom. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu semakin positif sikap siswa terhadap penggunaan media pembelajaran google classroom semakin tinggi pula hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI materi Meraih kasih Allah dengan Ihsan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelititian korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, studi kepustakaan serta strudi dokumentasi. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa penelitian mengenai sikap siswa terhadap penggunaan media pembelajaran google classroom (X) memiliki skor 3,49 yang mana angka tersebut berada dalam interval 3,40 – 4,19 yang berarti dengan kualifikasi tinggi. Dan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI materi meraih kasih Allah dengan Ihsan (Y) memiliki skor akhir 68.73 yang mana angka tersebut terdapat di interval 60-69 mendapat kategori cukup. Maka dari itu, penulis menyimpulkan bahwa realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Meraih Kasih Allah dengan Ihsan adalah cukup. Korelasi antar variable kuat dan uji hipotesis menyatakan bahwa hipotesis alternatif diterima. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap siswa terhadap penggunaan media pembelajaran google classroom dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Meraih Kasih Allah dengan Ihsan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sikap Siswa; Google Classroom; Hasil Belajar Kognitif; PAI
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rinrin Roudotul Jannah
Date Deposited: 06 Jan 2022 03:42
Last Modified: 06 Jan 2022 03:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47396

Actions (login required)

View Item View Item